oleh

Bupati Bandung Terpilih Bakal Optimalkan Rasio APBD Kabupaten

BANDUNG – Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna bertekad untuk bisa mengoptimalkan rasio APBD Kabupaten Bandung, agar belanja daerah bisa lebih besar ke belanja publik ketimbang belanja pegawai.

Selama ini rasio Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung antara belanja tidak langsung (belanja pegawai) dengan belanja langsung (belanja publik) berada pada angka 60:40.

Hal itu dilontarkannya saat menerima silaturahmi Paguyuban Paripurna Kepala Desa (PPKD) Kabupaten Bandung di kediamannya, Jalan Sapan, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (24/3/21).

Kendati begitu Bupati Bandung terpilih menyatakan belanja pegawai merupakan belanja yang sifatnya wajib dipenuhi terlebih dahulu.

“Kalau yang sifatnya wajib sudah bisa terpenuhi, tinggal kita mencari anggaran lebih besar untuk memenuhi setiap kebutuhan belanja publik,” tukas Dadang Supriatna.

Salah satu caranya, kata Dadang, adalah dengan meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang belum tergali secara optimal. Dadang Supriatna yakin dengan optimalisasi penerapan smartcity, PAD Kabupaten Bandung bisa meningkat signifikan.

“Makanya kita akan terapkan smartcity untuk bisa mengetahui PAD mana yang sudah dan belum tergali atau belum dioptimalkan. Melalui smartcity semua potensi PAD di tiap kecamatan bisa kita ketahui nantinya,” kata Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga