oleh

Satya Konvalesen

Oleh : Dahlan Iskan

BARU kemarin saya bisa melihat orang donor konvalesen. Padahal saya adalah orang yang sembuh dari Covid-19 berkat transfusi plasma konvalesen. Akhir Januari lalu.

Saya lihat begitu banyak yang antre donor konvalesen kemarin. Bahkan banyak yang bukan baru kali pertama. “Kalau hasil cek darah ok, ini akan menjadi yang ke-10 kalinya saya donor konvalesen,” ujar Satyagraha.

Satyagraha terlihat lagi antre untuk cek darah di kantor tabloid wanita Nyata Surabaya. Nyata memang mengadakan acara donor darah plus konvalesen. Ramai sekali. Kantornya yang di Jalan Raya Darmo –seberang Kebun Binatang Surabaya, ramai sepanjang hari.

Baca Juga:  Fenomena Alam Semesta dalam Pandangan Al-Quran dan Sains

“Sehari kemarin bisa mendapat 250 kantong,” ujar Eddy Sukotjo, panitia di situ.

Berita baik lainnya: semakin banyak penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat menjadi pendonor konvalesen. “Dulu, dari 100 orang pendonor paling hanya 10 orang yang memenuhi syarat,” ujar Eddy. Sekarang, katanya, dari 100 orang bisa didapat 60-70 orang.

Yang dimaksud dengan “dulu” adalah di awal Covid –sekitar bulan Mei 2020. Dan yang dimaksud “sekarang” adalah sejak bulan November sampai Februari 2021.

Baca Juga:  Sempat Dihentikan Pemkab, Pembangunan Pasar Padalarang Kembali Dilanjutkan

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah: penyintas Covid tersebut harus sudah memiliki antibodi melebihi untuk kebutuhan dirinya sendiri. “Dulu banyak penyintas Covid yang memiliki antibodi kurang dari itu,” ujar Eddy.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga