Muncul Kasus Positif Aktif Baru, Angka Penularan Covid-19 di KBB Bertambah Lagi

LEMBANG – Kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Bandung Barat nampaknya masih akan terus berlanjut. Penyebabnya karena terus bermunculan kasus positif aktif baru dari beberapa klaster.

Jumlah warga Kampung Sukalaksana RT 03/02, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, KBB, yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lagi.

Sebelumnya tercatat ada 32 orang warga yang masih memiliki ikatan keluarga maupun bertetangga dinyatakan positif Covid-19 usai mengurusi suatu acara pernikahan di Kota Bandung.

Lalu kali ini jumlah warga yang positif Covid-19 bertambah menjadi 66 orang. Namun delapan orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Saat ini warga yang positif aktif sebanyak 58 orang dari 111 kontak erat yang menjalani tes swab.

“Saat ini masih ada 58 kasus positif aktif. Tapi sudah ada 8 yang dinyatakan sembuh. Mereka masih isolasi mandiri karena kebanyakan tanpa gejala,” ungkap Kepala Puskesmas Jayagiri, Yaniar Ratna Dewi, Kamis (18/3).

Warga yang sedang menjalani isolasi mandiri tersebut terus dipantau kondisinya oleh pihak Puskesmas dan Desa Cikahuripan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar tidak meluas.

“Penanganan sudah sesuai protokol, jadi kita (puskesmas, red) memantau kesehatannya saja. Yang bergejala kita pantau bekerjasama dengan desa untuk menyediakan obatnya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Desa Cikahuripan Oman Haryanto mengatakan dari 32 warga yang positif Covid-19 pertama kali, sebanyak 16 orang di antaranya sudah hampir menyelesaikan masa isolasi mandirinya.

“16 orang sudah masa penyembuhan dan rencananya tiga hari lagi akan dites ulang lalu dinyatakan negatif,” kata Oman.

Untuk memenuhi kebutuhan makan warga, pihak desa mendistribusikan bahan mentah yang bisa diolah oleh keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Pihak desa terus bekerjasama dengan Puskesmas Jayagiri memantau kasus di lokasi itu. Utuk makan, kita sediakan bahan mentah untuk diolah warga, intinya pihak desa terus mengupayakan apa yang dibutuhkan warga,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan