Prabowo Dapatkan Kapal Selam untuk TNI AL Hasil Kerja Sama Perusahaan Korsel

JAKARTA – TNI Angkatan Laut (AL) kembali mendapat tambahan alutsista. Kali ini Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto resmi menerima kapal selam buatan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan. Menariknya, kapal selam ini seluruhnya dibangun di galangan kapal milik PT PAL di Indonesia.

Kapal selam yang diberi nama Alugoro-405 itu diserahterimakan oleh DSME kepada Kemenhan, selanjutnya diserahkan kepada Mabes TNI dan berturut turut kepada Mabes TNI AL dan Pangkoarmada II selaku pengguna kapal. Serah terima kapal dilaksanakan di PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (17/3).

Prabowo mengatakan, keberhasilan pembuatan kapal selam ini merupakan tonggak historis. Karena untuk pertama kalinya galangan kapal milik perusahaan nasional, PT PAL berhasil ikut serta dalam produksi kapal selam.

“Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapapun. Tidak. Berkali-kali, turun termurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan,” kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menyampaikan, Indonesia harus memilki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan negara, serta melindungi segenap tumpah darah, kesatuan dan keutuhan wilayah dari ancaman tentara negara asing.

“Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi,” tambahnya.

Melalui perencanaan strategis modernisasi alutsista, Prabowo telah memerintahkan seluruh industri pertahanan dalam negeri wajib diikutsertakan dalam proses peremajaan seluruh alat pertahanan negara. Pasalnya, alat pertahanan Indonesia banyak yang sudah sangat tua.

“Kita harap peran serta, inisiatif, kerja keras teknolog-teknolog kita, sarjana-sarjana kita, cendekiawan kita, dari ahli-ahli kita. Kita harap semua bersatu untuk kerja keras,” pungkasnya.

Pengadaan Kapal Selam Alugoro-405 merupakan salah satu program pembangunan kekuatan pertahanan khususnya Matra Laut. Sebelum Alugoro-405, Kemenhan telah serahterimakan kapal selam pertama KRI Nagapasa-403 dan kapal selam kedua KRI Ardadedali-404 yang dibangun di Korea kepada TNI AL.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan