Gubernur Jabar Ridwan Kamil Perbolehkan Warga Jawa Barat Mudik Lebaran Tahun Ini

BANDUNG – Mudik lebaran tahun 2021 menuai berbagai reaksi pro-kontra dari banyak pihak.

Terlebih saat ini situasi pandemi virus Covid-19 belum menunjukan tanda-tanda akan menghilang, namun malah memunculkan varian virus jenis baru.

Salah satu yang setuju diperbolehkannya mudik lebaran tahun ini ialah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pria yang juga sering disapa Kang Emil ini menuturkan bahwa mudik tahun ini boleh-boleh saja selama menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Pada dasarnya sekarang apa pun boleh tinggal terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan),” ujar Kang Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (17/3).

Sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya menyatakan dalam rapat Komisi V DPR RI beberapa waktu yang lalu, bahwa pemerintah tidak akan memberlakukan larangan mudik lebaran seperti tahun.

Bukan tanpa alasan Ridwan Kamil menjelaskan mendukung aktivitas mudik tahun ini. Menurutnya saat ini persiapan dan penanggulangan virus Covid-19 sudah lebih siap dibanding tahun sebelumnya.

Menurutnya, saat ini masyarakat sudah lebih sadar akan kesehatan dan berusaha meningkatkan antibodi pada tubuh masing-masing. Selain itu proses tes seperti rapid test dan swab juga sudah lebih cepat.

“Antibodi kurang akurat, sekarang ada vaksinasi juga kan. Peristiwa ini tidak terjadi di 2020, maka saya mendukung silaturahmi ini, asal pas ketemu di kampung dan perjalanan hindari potensi (penularan Covid-19) dengan 3M,” ujar Gubernur.

Mudik lebaran tahun ini diperkirakan akan jatuh pada tanggal 13-14 Mei 2021. Adapun perkiraan 1 Ramadhan 1422 Hijriah akan ditetapkan pada tanggal 13 April 2021. (MG7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan