Ridwan Kamil Ingatkan Kunci Keberhasilan PUSPA Ada di Tangan Kepala Dinas Setempat

BANDUNG – Program Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA)  yang merekrut 500 tenaga kesehatan resmi dilepas hari ini, Selasa (16/3) oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk menjalankan misinya.

500 nakes yang terbagi atas 300 orang tenaga baru terbuka untuk publik, dan 200 orang penguatan tenaga eksisting di puskesmas yang ditunjuk sebagai field officer yang akan ditugaskan di 100 puskesmas di 12 kota/kabupaten di Jawa Barat.

Program PUSPA bertujuan untuk memperkuat upaya deteksi, lacak kasus, edukasi publik terkait 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), menyiapkan vaksinasi Covid-19 hingga memastikan pemenuhan layanan kesehatan esensial.

“Benteng pencegahan dengan 3 M sangat penting ditambah 2 M, mengurangi pergerakan dan menghindari kerumunan. Itu strategi pencegahan, karena kita tahu kalau semua ujungnya ke rumah sakit, mahalnya luar biasa dan beban kerjanya juga sangat luar biasa,” ujar Ridwan Kamil saat memberikan sambutan.

Selain dari kinerja para nakes terpilih yang menjalankan tugasnya, Ridwan Kamil menegaskan bahwa kunci kesuksesan dari program PUSPA ini juga sangat bergantung pada dukungan para Kepala Dinas (Kadis) setempat.

“Saya titip kepada Ibu Kepala Dinas, Bapak Kepala Dinas agar kunci keberhasilan PUSPA ini adalah dukungan dari para Kadisnya ya. Jadi saya titip bapak ibu gunakan jabatannya untuk kemaslahatan kebermanfataan,” ujar gubernur.

Ia juga meminta agar para Kadis setempat untuk ikut terjun langsung ke lapangan untuk membantu dan melancarkan program yang dijalankan.

“Turunlah ke lapangan, menjadi kadis yang turun tangan bukan tunjuk tangan. Menjadi pejabat yang turun tangan bukan lepas tangan, kunci kepemimpinan adalah political will di mana ada kemauan di situ ada kesuksesan,” tegasnya.

Adapun program PUSPA tersebut akan dijalankan di beberapa daerah di Jawa Barat sebagai berikut:

1. Kabupaten Bandung
2. Kabupaten Bandung Barat
3. Kabupaten Bekasi
4. Kabupaten Bogor
5. Kabupaten Karawang
6. Kabupaten Sumedang
7. Kota Bandung
8. Kota Bekasi
9. Kota Bogor
10. Kota Cimahi
11. Kota Depok
12. Kota Tasikmalaya. (MG7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan