Pemerintah Janjikan Tak Ada Larangan Mudik Lebaran 2021

JAKARTA- Meskipun lebaran tahun ini masih dengan suasan pandemi Covid-19 seperti tahun lalu. Pemerintah memastikan tak ada larangan mudik lebaran pada tahun 2021. Hal tersebut, disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selama rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3).

“Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik),” kata Budi dalam rapat kerja yang berlangsung secara daring itu.

Meskipun tak ada larangan mudik lebaran, Budi menuturkan pihaknya bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 akan tetap memperketat terhadap protokol kesehatan.

“Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan lebaran, berharap penuh agar kegiatan mudik berjalan dengan baik. Oleh karenanya saya mengajak kepada bapak Ketua Komisi dan anggota untuk memantau persiapan mudik dan juga memantau proses mudik itu sendiri,” jelasnya.

Budi menegaskan bahwa Kemenhub juga tetap memperhatikan isu strategis yang muncul apabila mudik dilaksanakan. Pertama, ia menyebut akan adanya lonjakan pergerakan orang. Terlebih, program vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan semakin membuat hasrat bepergian masyarakat tak terhindarkan.

“Program vaksinasi diprediksi akan membuat masyarakat ingin bepergian. Juga adanya PPnBM 0 persen di mana kepemilikan mobil bisa bertambah,” ujarnya.

Selain itu, penggunaan test GeNose yang lebih murah sebagai syarat perjalanan di terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara akan berupaya terus dijalankan. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan