Dies Natalis ke-65, IPDN Gelar Seminar Nasional Bahas Otsus Papua

SUMEDANG – Dalam rangkaian Dies Natalis IPDN ke 65, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar seminar nasional di Balairung Rudini IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada Senin, (15/3).

Seminar tersebut mengenai Optimalisasi Penyelenggaraan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat dalam Rangka Akselerasi Pembangunan dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat.

Hadi Prabowo selaku Rektor IPDN mengatakan bahwa pada masa usia IPDN ke-65 ini, IPDN akan terus berdedikasi memberikan pengabdian kepada masyarakat dengan inovasi-inovasi yang unggul.

“Salah satunya adalah dengan diselenggarakannya seminar nasional ini, ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam aspek pengabdian masyarakat,” kata Hadi Balairung Rudini IPDN Jatinagor, Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, fokus seminar nasional tersebut yaitu guna mengidentifikasi permasalahan-permasalahan dalam penyelenggaraan otonomi khusus Papua dan Papua Barat.

“Melakukan analisis kritis terhadap permasalahan-permasalahan strategis dalam implementasi kebijakan penyelenggaraan otonomi khusus Papua dan Papua Barat dalam akselerasi pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya seminar tersebut, dapat merumuskan formula dan strategi yang efektif terkait percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

“Menghasilkan rekomendasi kebijakan sebagai masukan bagi perumusan rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus Papua yang berorientasi pada optimalisasi penyelenggaraan otonomi khusus Papua dan Papua Barat,” imbuhnya.

Acara itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Muhammad Hudori, mewakili Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang bertindak sebagai keynote speaker sekaligus pembuka acara.

Adapun seminar ini menjadi salah satu rangkaian acara dalam rangka Dies Natalis IPDN ke-65 yang bakal diperingati pada hari Rabu, tanggal 17 Maret 2021 nanti.

Diketahui bahwa IPDN akan melaksanakan Dies Natalis ke-65 dengan tema Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Inovasi untuk Mewujudkan Daya Saing di Tengah Pandemi Covid-19.

Seluruh rangkaian acara Dies Natalis IPDN diselenggarakan secara internal, terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat.

Seminar nasional ini dilaksanakan secara luring dan daring melalui aplikasi zoom meeting dan juga dapat disaksikan secara streaming melalui channel youtube Humas IPDN. Adapun jumlah peserta seminar nasional ini terpantau mencapai hingga 10 ribu 492 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan