5 Fakta Unik Film Raya and The Last Dragon: Tuk-tuk Ternyata Memang Kendaraan

JAKARTA – Sejak awal kemunculannya, film Raya and The Last Dragon telah menarik banyak perhatian dari penggemar Disney khususnya Asia Tenggara. Pasalnya, Raya merupakan “Putri Disney” pertama yang berasal dari Asia Tenggara.

Film ini sudah bisa diakses dengan Disney Premiere dan tersedia di sejumlah bioskop di Indonesia. Namun, tetap terapkan protokol kesehatan, ya.

Sebagai salah satu film yang dinanti-nanti meskipun di tengah pandemi, ada banyak hal yang menarik dari Raya and The Last Dragon. Berikut fakta-fakta unik dari film Disney tersebut.

  1. Putri “Disney” pertama yang berasal dari Asia Tenggara

Setelah menampilkan Mulan yang berasal dari China serta Moana yang kental dengan budaya Hawaii, Disney kini menampilkan karakter putri tangguh dari Asia Tenggara bernama Raya.

Dalam bahasa Melayu ataupun Indonesia, Raya berarti besar.

  1. Terinspirasi dari berbagai negara di Asia Tenggara

Raya and The Last Dragon terinspirasi dari budaya Asia Tenggara yang beragam. Negeri Kumandra yang menjadi latar cerita merupakan gabungan dari berbagai budaya Asia Tenggara. Ada pasar terapung, taksi air, dan banyak makanan khas Asia Tenggara juga.

Mengambil inspirasi dari berbagai budaya Asia Tenggara, Raya and The Last Dragon mengumpulkan antropolog, arsitek, penari, ahli bahasa, dan musisi Asia Tenggara. Hal ini untuk membantu riset dan memberi nasihat tentang film tersebut. Kelompok ini melakukan perjalanan ke Laos, Indonesia, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, dan Singapura.

“Kami mencari elemen yang mendasari, secara visual, tetapi juga secara tematis,” kata produser Osnat Shurer kepada wartawan di awal tahun 2021.

“Seperti komunitas, komitmen untuk menjaga satu sama lain. Secara visual, gaya seni bela diri didasarkan pada gaya Asia Tenggara yang sangat spesifik [Pencak silat, Arnis dan Muay Thai, diawasi oleh ahli Nguyen]. Tekstil di setiap negeri sedikit berbeda. cetakannya berbeda. Pentingnya sungai – itu hidup,”lanjutnya, seperti dilansir dari Indiewire.com.

  1. Penyanyi Raisa ikut andil dalam menyanyikan lagu Trust Again

Raisa termasuk salah satu dari penyanyi Asia Tenggara yang tampil dalam lagu Trust Again. Musisi lainnya yang juga mengisi lagu ini adalah Matthaios dari Filipina, SPRITE dari Thailand, dan Yonnyboii dari Malaysia, melansir Antara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan