Disdik Jabar Bangun SMK D2-Fast Track

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Ba­rat (Jabar) bergerak cepat menyukseskan program SMK D2-Fast Track yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Disdik Jabar pun berkomitmen segera mengorbitkan SMK D2-Fast Track di Jabar.

Program SMK D2-Fast Track merupakan pendidikan di SMK yang terintegrasi dengan pendidikan di kampus vo­kasi. Provinsi Jabar menggan­deng Politeknik Manufactur Bandung sebagai mitra kam­pus vokasi, sedangkan pilot project SMK D2-Fast Track rencananya dibangun di Ka­bupaten Majalengka.

Kadisdik Jabar, Dedi Su­pandi, menuturkan, program ini bisa mempercepat kesia­pan lulusan SMK untuk men­ghadapi tantangan zaman. “Tantangan ke depan harus ditangkap dengan pengop­timalan potensi daerah. Pro­gram SMK D2-Fast Track ini harus disiapkan untuk itu,” kata Dedi, dilansir dari metropolitan.id.

Pembangunan Segita Re­bana, dijelaskan kadisdik, bisa menjadi momentum bagi pelajar lulusan SMK un­tuk berperan dalam pembangu­nan. Sehingga selain terinte­grasi dengan kampus vokasi, SMK pun harus berinovasi untuk meciptakan kompe­tensi keahlian yang sesuai kebutuhan pasar.

Kadisdik menambahkan, pihaknya juga akan menyege­rakan peluncuran program ini. Sebab, program ini sang­at bermanfaat bagi masyara­kat, khususnya pelajar. ”Dengan lima tahun (durasi siswa sekolah dan terinte­grasi dengan pendidikan D2), pembangunan SDM bisa mengalami percepatan,” ung­kapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar, Edy Purwanto, menjelaskan, rapat kali ini adalah pembahasan awal tentang program D2-Fast Track. ”Bentuk kolaborasi seperti apa nanti akan dijelaskan, baik dari pihak Polman Bandung dan industri,” ujarnya.

Meski baru pembahasan awal, Edy mengungkapkan bahwa kolaborasi sudah ter­jalin solid. ”Meski gongnya belum dipukul, melalui ini­siatif semua pihak kita bisa mempersiapkannya dari se­karang. Jadi, ke depan konsep program ini sudah semakin matang,” pungkasnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan