Pilpres 2024, Emil-Ganjar Lebih Ideal

BANDUNG – Nama Ridwan Kamil terus mencuat belakangan ini. Gubernur Jabar itu diprediksi bakal maju untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) pada tahun 2024. Memiliki popularitas tinggi di linimasa, suami dari Atalia Praratya tersebut dianggap layak menjadi orang nomor satu atau dua di Indonesia melalui pemilu nantinya.

Setidaknya, dua tokoh lainnya yang tak kalah populer dari pada sosok Ridwal Kamil. Ia adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain Ridwan Kamil,  dua gubernur tersebut juga berpeluang besar untuk meramaikan pesta demokrasi itu dan diprediksi bakal bersaing sengit.

Menurut Pengamat Politik Jabar Prof Obsatar Sinaga, ketiga gubernur tersebut sama-sama berpotensi dan berpeluang besar untuk maju pilpres. Hanya saja, Obi menilai, bahwa Emil-sapaan akrabnya- Ridwan Kamil, lebih ideal jika berpasangan dengan Ganjar Pranowo dari pada Anies Baswedan.

“Ridwan Kamil lebih ideal berpasangan dengan Ganjar Pranowo. Potensinya ada bahkan mereka berdua sudah pernah melakukan pertemuan di Bandung sebelum pandemi, tidak menutup kemungkinan sudah melakukan lobi-lobi politiknya,” ungkap prof Obi-sapaan akrabnya Obsatar Sinaga, saat ditemui Jabar Ekpres di ruang kerjanya Kampus UTama, Jumat (5/3) lalu.

Lebih jauh Rektor Universitas Widyatama (UTama) ini menilai, pasangan Emil-Ganjar lebih ideal dari pada berpasangan dengan Anies Baswedan. Pertimbangannya, Obi menjelaskan, selain sukses menjadi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga merupakan kader PDIP.

Menurut Obi, sosok Ganjar sangat layak dipertimbangkan PDIP untuk pilpres nantinya.

“Kemudian Ibu Megawati enggak mungkin maju sehingga Pak Ganjar kemungkinan besar dipertarungkan untuk di tingkat nasional. Apalagi beliau (Ganjar) selama ini terbilang suskes di daerah selama menjabat gubernur,” nilainya.

Untuk Ridwan Kamil, Obi menyebut, merupakan kader Nasdem. Nasdem Jabar kata Obi, merupakan partai peling utama dan pertama kali yang mengusung Ridwal Kamil, saat pencalonan gubernur Jabar waktu itu. Di sisi lain secara kultural, PDIP dan Nasdem menurut Obi, memiliki hubungan yang cukup intens dari pada dengan partai lainnya.

Dengan pertimbangan ini lah yang membuat Obi berkesimpulan bahwa pasangan Ganjar-Emil paling ideal. Sementara, Anies Baswedan diketahui berhasil menduduki gubernur DKI Jakarta yang diusung PKS dan Gerindra serta koalisi partai lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan