oleh

Pemkot Cimahi Terus Kembangkan Budidaya Ikan Hias

CIMAHI – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) di Kota Cimahi sedang giat mengembangkan budidaya ikan hias. Terlebih lagi, masyarakat dari berbagai kalangan menaruh banyak minat pada jenis ikan hias.

Kepala UPTD BBIAT Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, Heri Herdiana mengatakan, ada berbagai jenis ikan hias dan ikan konsumsi yang mereka kembangkan. Seperti frontosa, koridoras hingga nila.

“Iya kita sedang coba kembangkan budidaya ikan hias, seperti frontosa, dan koridoras. Sedangkan untuk ikan konsumsi, kita sedang membudidayakan ikan nila dan ikan lele,” kata Heri, Minggu (7/3).

Baca Juga:  Ngatiyana 'Rolling' Ratusan Pejabat Pemkot Cimahi, Ini Tujuannya

Diakui Heri, jenis ikan hias frontosa dan koridoras merupakan dua jenis ikan hias yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat, terutama penghobi ikan hias. “Selama ini peminatnya banyak dari kalangan anak-anak, pedagang, masyarakat komunitas, hobies, toko ikan, dan lain-lain,” Bebernya.

Heri menuturkan bahwa saat ini kegiatan pemasaran ikan hias dan ikan konsumsi masih dilakukan dengan pola pasif, yaitu dengan menunggu pembeli datang langsung ke BBIAT.

Baca Juga:  Ratusan Pegawai Kena Rotasi, Dewan Bakal Panggil Pemkot Cimahi

“Kalau di sini masyarakat yang pada datang langsung. Jadi kita tidak memasarkan ke luar, masyarakat yang tahu bahwa di sini ada benih ikan. Ini tidak gratis, kita jual karena kita ada PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari penjualan benih,” tutur Heri.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga