Unik! Warga Gang Wargaluyu Sulap Jalan Depan Rumah Jadi Arena Ular Tangga Raksasa

BANDUNG –  Warga jalan Asep Berlian, RT.01 RW. 05 Kecamatan Cibeunying Kidul, Cicadas, Kota Bandung, menyulap gang menjadi sarana hiburan bagi anak – anak dengan cara membuat mural di jalanan gang Wargaluyu.

Tak hanya itu, warga juga melukis dengan tema permainan generasi 90-an, seperti ular tangga, engklek, dan lainnya.

Permainan di jalan gang Wargaluyu. Foto: Sandi, Jabar Ekspres

Menurut ketua RT 01, Dadang Koswara, ide melukis mural tersebut sebenarnya sudah tercetus pada tahun lalu dengan konsep melukis di tembok rumah warga dengan tema perkebunan.

“Jadi kalo konsep ngemural ini awalnya udah ada pada tahun lalu. Namun konsep awalnya dengan cara melukis tembok – tembok rumah warga dengan tema lukisan perkebunan. Nah setelah berembuk lagi dengan warga, barulah ada masukan. Yaitu permainan zaman dulu kayak ular tangga dan lainnya,”paparnya saat ditemui di lokasi, Kamis (4/3).

Sementara itu, ia juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang mengerjakan mural ini adalah para pemuda di sekitar. Mereka membuatnya dengan memanfaatkan cat – cat bekas.

Warga melukis mural di jalan. Foto: Sandi, Jabar Ekspres

“Jadi yang mengerjakan ini semuanya dari pemuda sini dengan memanfaatkan cat – cat yang ada,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa proses pengerjaan ini sangat cepat karena melibatkan semua warga, baik yang muda maupun yang tua.

“Nah kalo dari pengerjaan sih sangat cepat ya, dikarenakan bukan pemudanya saja yang mengerjakan melainkan warga juga ikut membantu,” ujarnya.

 

Program Tanam Sayuran dan Ternak Lele dari Rumah

Selain lukisan mural, warga RT.01 RW.05 Gang Margaluyu juga menjalankan program bercocok tanam sayuran dan ternak lele dari rumah. Nantinya, hasil panen sayuran dan ikan tersebut bisa dikonsumsi oleh warga sendiri.

Ember pembesaran ikan lele dan pembesaran kangkung. Foto: Sandi, Jabar Ekspres

“Nah selain lukisan mural ini, kami juga memprogramkan warga untuk menanam sayuran dan beternak lele. Nah yang nantinya jika panen bisa dikonsumsi sama warga juga,” ungkap ketua RT 01, Dadang Koswara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan