oleh

Menguak Filosofi Kampung 99 Pepohonan di Depok

DEPOK – Bagi sebagian besar masyarakat Kota Belimbing— nama lain Kota Depok, mendengar nama Kampung 99 Pepohonan mungkin sudah tak asing lagi. Meski begitu, tahukah apa makna filosofis yang diberikan sang pemiliknya untuk kawasan tersebut?

Pemilik wisata Kampung 99 Pepohonan, Eddy Djamaluddin Suady, ketika ditemui wartawan Jabarekspres.com di lokasi tempat tinggalnya membeberkan silsilah dibangunnya kawasan hunian sekaligus tempat wisata alam itu dengan nama yang tak biasa.

Abi, begitu ia disapa orang-orang sekelilingnya, menuturkan, hingga sekarang masih banyak yang bias memaknai maksud tersirat di balik nama yang ia berikan untuk tempat rekreasi yang dipadukan dengan aneka hiburan maupun kegiatan sosial-lingkungan itu.

“Bagi yang muslim mengartikan simbol 99 itu dengan Asmaul Husna (nama atau sifat-sifat (99) Tuhan/Allah yang baik dan indah), datang orang China pun demikian, mengaitkan dengan falsafah angka 99 menurut keyakinannya, demikian pula yang Hindu, dan seterusnya,” ujar Abi menceritakan reaksi pertama yang tersirat di benak pengunjung ketika datang di Kampung 99 Pepohonan, Kamis (4/3).

Demikian, Abi sendiri mengaku tak mempersoalkan penafsiran masing-masing orang saat kali pertama berkunjung ke kampung eksotik itu. Namun, arti sesungguhnya yang jarang diketahui orang akhirnya ia jelaskan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga