oleh

Suka Konsumsi Jengkol Berlebih? Ini Bahaya Serius yang Mengintai

JAKARTA – Berbicara tentang makanan enak kebnayakan orang akan memilih jengkol menjadi salah satu pilihan makanan favorit. Meski jengkol menimbulkan bau yang tidak sedap setelah mengonsumsinya, Sebenarnya jengkol jika dikonsumsi sekedarnya saja, tidak akan mengakibatkan efek samping. Namun sebaiknya jika dikonsumsi secara berlebihan akan memiliki beberapa efek samping hingga bahaya serius yang mengintai. Dikutip dari laman Genpi.co. yakni:

1. Menimbulkan bau mulut
Karena mengandung kandungan asam amino dan sulfur efek yang paling ringan karena mengonsumsi jengkol berlebihan adalah setelah memakannya akan menimbulkan bau yang menyengat pada mulut. Tak hanya itu saja, karena ketika buang air kecil, akan menimbulkan bau yang sangat menyengat dan mengganggu.

2. Racun Asam Jengkolat
Sebenarnya mengonsumsi jengkol bisa mencegah diabetes, karena mengandung asam jengkolat. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan keracunan yang disebut dengan penyakit jengkolat yang umumnya penyakit jengkolat ini biasanya akan terasa sakit di bagian pinggang diikuti dengan rasa melilit di perut, susah buang air besar hingga menyumbat saluran kandung kemih yang dapat mengakibatkan penyakit kencing batu.

3. Penyakit batu ginjal
Biasanya terjadi ketika tubuh mengalami keracunan asam jengkolat yang bisa menyebabkan penyakit kencing batu efek serius lain adalah dapat ,emuebabkan penyakit batu ginjal. Jika akut penderita bisa mengalami kencing berdarah dan menunjukan gagal ginjal akut yang anurik. Biasanya keracunan asam jengkolat terjadi karena memakan jengkol yang bijinya masih mentah atau setengah matang. (genpi/jpnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga