Ini Saran Penting Psikolog Grasia Dalam Memilih Calon Suami

JAKARTA – Mestilah pintar dan berhati-hati dalam memilih pasangan. Apalagi pasangan hidup, karena tentu saja pasangan hidup harus dipilih secara tepat karena keberlangsungan hidup bersama dalam waktu yang lama nantinya. Karena bertahan dengan pasangan yang membuat mental anda sakit tentu tidaklah sehat dan baik. Karenanya harus lebih selektif dan mengenal lebih dalam calon suami anda sangatlah penting.

Lalu bagaimanakah caranya?  Berikut saran dari psikolog Gracia dalam memilih calon suami yang tepat:

1. Step by step
Lakukan hubungan secara bertahap dan berusaha saling memahami satusama lain secara berlahan. Luangkan waktu untuk semakin mengenal dia dan keluarga. Jangan terburu-buru menikah, karena menikah bukanlah “target”.
2. Sama-sama belajar
Dalam membangun hubungan harus memiliki konsistensi untuk saling belajar. Komunikasikan hal yang anda suka dan tidak disukai dari si dia. Dengarkan juga yang disampaikan pasangan kepada anda.
3. Komunikasi
Saling menjaga komunikasi antar dua arah dan saling terbuka untuk mau memahami adalah hal yang penting dalam membangun hubungan yang harmonis.
4. Kenali lingkungan Pasangan
Hubungan dengan sang kekasih tidak hanya untuk dua orang namun juga terdapat dua kehidupan. Maka kenali, pahami dan pedulikan bagaimana kehidupannya termasuk orang-orang terdekatnya.
5. Evaluasi
Ini dimaksudkan dengan pemahaman seperti evaluasi apa yang anda butuhkan dari seorang pasangan hidup. Saat sudah mengenal lebih jauh, anda bisa menilai sendiri seberapa baik pasangan untuk bisa dibawa lebih jauh.
6. Persiapan
Lakukan persiapan matang sebelum melanjutkan jenjang selanjutnya, baik secara finansial maupun psikologis.
7. Saling Menerima
Pastikan anda bisa menerima kekurangannya. Namun kekurangan yang dimaksud bukanlah orang yang toksik untuk anda karena hal ini hanya akan berefek buruk pada kesehatan mental anda. (klikdokter/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan