Pemilihan Ketua Ikatan Alumni ITB Akan Dilakukan i-voting, Ini Dia Nama-nama Kandidatnya

BANDUNG – Kongres Ikatan Alumni ITB 2021 rencananya akan dimulai pada 26-27 Maret secara (daring).

Ketua Kongres IA-ITB 2021 Agustin Peranginangin, mengatakan, pemilihan dengan sistem i-voting ini dilakukan dengan berbagai alasan, salah satunya untuk meminimalisasi penyebaran virus korona.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan meski vaksinasi sudah dimulai.

“Situasi pandemi ini mengingatkan kita akan pentingnya ketahanan nasional dari sisi kesehatan. Jadi harus kurangi pergerakan,” katanya dalam keterangan pers yang diterima, Minggu (28/2).

Dia menjelaskan, seluruh tahapan pemilihan tersebut seperti rapat, penjaringan kandidat, hingga pendaftaran pemilih dilakukan secara daring.

“Tidak lagi terkungkung di aula timur. Bisa sambil nonton drakor di rumah dengan keluarga, atau bisa sambil mancing,” kelakarnya.

Lebih dari itu, dengan sistem pemilihan i-voting ini pihaknya ingin terus mengampanyekan penggunaan teknologi kepada masyarakat dan teknologi harus menjadi kebutuhan dasar saat ini.

“Jangan sampai teknologi dianggap sebagai barang mewah. Sehingga semua orang harus bisa menjangkau teknologi,” katanya.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan bangsa kita khususnya dalam bidang teknologi.

“Ingin mengampanyekan agar bangsa ini lebih percaya diri dengan kemampuan teknologi. Mari belajar teknologi, membangum teknologi, dan bersama-sama menggunakannya untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, dia menilai penggunaan teknologi ini menjadi tantangan bagi alumni ITB umumnya seluruh masyarakat.

“Teknologi ini memberikan efisiensi di satu sisi. Tapi pada sisi lain, dampaknya mengurangi kebutuhan tenaga kerja. Jadi harus ada diversifikasi keterampilan,” katanya.

Srmentara itu, Ketua SC Kongres IA-ITB, Tito Kurniadi, menambahkan, dengan sistem i-voting ini semua proses pendataan baik untuk calon kandidat maupun pemilih dilakukan berbasis internet dengan mengakses alamat situs yang telah disediakan panitia.

“Pendaftaran kandidat, pendataan dan verifikasi DPT (alumni) semuanya dilakukan di situ,” katanya.

Dengan hadirnya kemudahan ini, dia mengajak seluruh alumni.

Adapun untuk kandidat, hingga proses pendaftaran ditutup, terdapat delapan calon ketua alumni. Berikut nama-nama calon ketua IK-ITB berdasarkan nomer urut yang sudah ditetapkan panitia.

1. Honesti Basyir (Teknik Industri 1987 yang tengah menjabat sebagai Direktur Utama Bio Farma).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan