oleh

Pernah Mencium Aroma Aneh yang Tidak Ada Wujudnya? Ini Penyebabnya

JAKARTA – Pernahkah anda disuatu tempat lalu tiba-tiba anda mencium suatu bau, namun hanya anda yang dapat menciumnya? tidak ada orang lain yang mencium bau yang anda rasakan juga. Nah, ini dinamakan phantosmia, sebuah kondisi medis kesehatan yang dimana terjadi suatu gangguan pada sistem  indra penciuman seseorang.

Phantosmia juga dikenal sebagai phantom smell, kondisi seseorang yang mengalami gangguan penciuman ini biasanya akan seperti mencium bau-bauan aneh seperti bau roti gosong, karet terbakar, bau metalik, sesuatu yang busuk dan sejenisnnya. Padahal sebenarnya sumber bau  dan bendanya tidaklah pernah ada.

Bahkan pada jenis kasus tertentu, bau yang ditimbulkan oleh phantom smell si penderita adalah jenis bau yang sebelumnya tidak pernah mereka kenali. Meski dapat mempengaruhi napsu makan penderitanya karena bau yang tidak layak dan bisa mempengaruhi berat badan mereka, phantosmia tidaklah masuk dalam kategori penyakit berbahaya karena kerap dapat hilang dengan sendirinya.

Namun dibeberapa kasus tertentu juga, jenis phantosmia juga dapat disebabkan karena penderita mengalami jenis penyakit serius seperti tumor, efek stroke dan konsumsi obat-obatan. (ruf/fin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga