Tips Mudah Jadikan Rambut Indah dan Terawat dengan Kopi

JAKARTA – Rambut adalah mahkota bagi setiap perempuan. Tidak dipungkiri jika saat ini banyak sekali terdapat beragam produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia maupun tidak dan terlebih sebagian perempuan sering sekali salah memilih produk yang aman dan cocok untuk merawat rambut.

Akibatnya, beberapa rambut terlihat kusam, berketombe, bercabang bahkan rontok. Namun tenang saja masalah rambut tersebut bisa dituntaskan dengan kopi. Menurut laman Genpi.co, kafein pada kopi membantu merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dihydrotestosterone (DHT) merupakan komponen utama dalam menentukan pertumbuhan rambut. DHT ketika dipecah oleh enzim tertentu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun, ketika enzim ini gagal memecahnya, DHT mulai menumpuk dan itu melemahkan folikel rambut dan merusak integritas rambut Anda, sehingga menghentikan pertumbuhan rambut.

Di situlah kafein berperan. Para peneliti telah menemukan kafein membantu memblokir penumpukan DHT. Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penggunaan kopi secara teratur pada rambut memperkuat folikel rambut dan membuat rambut Anda lembut, halus, dan panjang. Cara mendapatkan manfaat kafein pada rambut adalah dengan menjadikan kopi sebagai satu rangkaian produk shampo.

Caranya:

Pertama, bilaslah rambut dengan kopi diikuti dengan pijatan kepala. Ini akan merangsang folikel rambut dan sangat membantu dalam meningkatkan pertumbuhannya. Yang kamu butuhkan adalah 2 sendok makan kopi bubuk, 1 cangkir air. Seduh secangkir kopi kental dan sisihkan hingga dingin.

Kedua, keramas rambut seperti biasa dan peras kelebihan air. Miringkan kepala ke belakang dan tuangkan kopi yang ke kulit kepala dan rambut. Ketiga, pijat kulit kepala Anda selama 3-5 menit. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi.

Terakhir, biarkan sampo kopi selama 20-30 menit, kemudian bilas rambut dengan air hangat dan biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya. Gunakan cara ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan. (genpi/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan