oleh

Risiko Tertular Covid-19 Dua Kali Setelah 3-6 Bulan Sembuh

JAKARTA – Jika sudah pernah terinfeksi Covid-19 lalu sembuh, jangan merasa yakin bahwa Anda tak akan tertular lagi. Seseorang diminta tak menganggap sepele apalagi mengabaikan protokol kesehatan.

Dengan varian baru virus Corona yang muncul saat ini dan belum semua populasi divaksinasi, setiap orang memiliki risiko tertular Covid-19 dua kali.

Kepada NBC 5, Direktur medis eksekutif dari Pengendalian dan Pencegahan Infeksi di Universitas Chicago Medicine dr. Emily Landon mengatakan seorang penyintas memiliki risiko infeksi ulang.

“Yah, sayangnya jawabannya adalah ya,” kata Landon dalam panel diskusi.

“Beberapa orang berisiko terkena itu (dua kali),” tambahnya seperti dilansir dari NBC 5, Senin (22/2).

Menurut Landon, orang yang mengalami infeksi ulang kemungkinan tidak akan terkena untuk kedua kalinya dalam 90 hingga 180 hari pertama setelah infeksi pertama mereka. “Akan tetapi itu tidak berarti bahwa Anda boleh mengabaikan protokol kesehatan,” kata Landon.

Landon menambahkan bahwa beberapa varian baru yang saat ini beredar di AS lebih mungkin menyebabkan penyakit berulang. Di Illinois, kasus varian baru yang pertama kali dilaporkan di Inggris dan Afrika Selatan telah dilaporkan.

“Beberapa varian yang lebih baru lebih mungkin menyebabkan penyakit berulang, dapat terjadi pada orang yang pernah menderita Covid-19 sebelumnya,” kata Landon kepada NBC 5.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga