Tersaji Gudeg Ala Bandung

BANDUNG – Tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Yogyakarta, kalau ingin menyantap makanan khasnya yaitu Gudeg. Makanan dengan bahan utama nangka muda ini sekarang sudah ada banyak di Bandung, salah satunya di Gudeg RR yang berada di Jalan Cikutra no. 145 Bandung.

Makanan gudeg ini memang lebih nikmat  bila disajikan dengan nasi hangat, ditambah dengan pelengkapnya seperti sambal goreng krecek (kulit sapi garing yang digoreng dengan cabe dan kacang), opor ayam, telur pindang, dan tempe tahu bacem sehingga beragam rasa manis, gurih dan empuknya sangat menggoda selera.

Rio Efriwan salah satu pemilik gudeug RR yang menggeluti usaha makanan gudeg di Kota Bandung mengatakan secara item menu mungkin kita tidak berbeda dengan gudeg khas yogyakarta, namun mungkin yang berbeda itu dari rasa manis nangkanya.

” Rasa manisnya agak di kurangin di sesuaikan dengan lidah orang sunda yang kebanyakan tidak terlalu suka jika terlalu manis,” katanya.

Rio juga menuturkan  Dalam proses pembuatannya ternyata memakan waktu cukup lama yang bahkan bisa memakan waktu hingga seharian untuk membuat nangkanya jadi empuk. potongan daging nangka yang sudah dicampur dengan gula merah dan santan ini direbus dengan menggunakan api kecil selama beberapa jam.

” Diberikan beberapa rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, dan daun salam. Selain itu, gudeg juga ditambahkan daun jati agar menghasilkan warna kecoklatan pada makanan yang manis ini,” ujar Rio saat di temui Jabar Ekspres. Jum’at (19/2)

Gudeg yang merupakan masakan khas Yogyakarta, tapi gudeg juga bisa ditemukan bukan hanya di Bandung saja tapi sudah mulai menjalar ke berbagai kota di Indonesia, seiring dengan semakin dicarinya makanan manis yang punya segudang rasa ini.

“Di Gudeug RR sendiri, untuk harga bisa sangat bisa terjangkau, mulai dari 12.000 rupiah sampai dengan 30.000 ribu rupiah tergantung dari tambahan pelengkapnya. Dan yang membedakan dengan penjual gudeg lainnya yaitu kita dikemas dalam kemasan bowl,” tutup Rio. (don)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan