Fotografi dan Film, Program Studi Satu-satunya Sejawa Barat yang Ada di UNPAS

BANDUNG – fotografi dan film adalah sebuah program studi yang ada di Universitas Pasundan Bandung. Program studi ini di dirikan pada tahun 1996 oleh Drs. H. Komar Hanafie. Setelah 25 tahun berdiri, kini jurusan fotografi dan film sudah berkembang cukup baik dalam segala hal.

Program studi fotografi juga terdapat di berbagai Universitas seperti: Universitas Trisakti di Jakarta, Polimedia di Jakarta, Institut Seni Indonesia di Yogyakarta, Universitas Pasundan di Bandung, Institut Seni Indonesia di Solo, Institut Seni Indonesia Bali, dan Institut Seni Indonesia di Padang panjang.

“Untuk Bandung hanya ada di Universitas Pasundan, Fakultas Ilmu Seni dan Sastra,” Rahmadi S.Sn., M.Sn sebagai ketua program studi fotografi dan film UNPAS.

Rahmadi S.Sn., M.Sn adalah ketua program studi fotografi dan film masa bakti 2020-2024 mengatakan bahwa dalam program studi fotografi dan film ada fasilitas ruangan praktik kamar gelap, studi foto, dan lab komputer.

“Fasilitas yang didapatkan selain ruang kelas ialah Kamar gelap, tempat untuk belajar teknik dasar fotografi manual, dan tempat untuk mencuci mencetak foto hitam putih dan berwarna. Kemudian ada studio foto yang dimana ruangannya bisa menampung sebanyak 30 orang, lumayan cukup besar dan untuk alatnya sendiri itu alhamdulillah sudah lengkap. Terus ada Lab komputer, yang dimana nanti kita belajar secara digital seperti mengedit foto itu ada photoshop, animasi, editing video, dan tata suara,” ujarnya.

Program studi fotografi dan film dibagi menjadi dua penjurusan yakni: fotografi dan film. Pada semester awal satu sampai semester empat akan diberikan materi dasar mengenai fotografi dan film, dan penjurusan akan dilakukan di semester lima.

“Pada semester awal mahasiswa akan mendapatkan dua materi yaitu tentang fotografi dan film secara mendasar. Kemudian di semester lima akan ada pembagian jurusan, mahasiswa yang senang dalam dunia foto bisa mengambil jurusan fotografi, atau mahasiswa yang senang dengan dunia perfilman dipersilahkan mengambil jurusan film,” ujaranya.

Dalam jurusan fotografi di bagi menjadi tiga pilihan yakni : foto seni atau fine art, komersil, dan jurnalistik. Ketiga pilihan ini akan menjadikan sebuah pegangan dalam pengambilan tugas akhir. Untuk jurusan film hanya di fokuskan kepada film dokumenter  pada saat pengambilan tugas akhir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan