Jangan Terlewat, Simak Beberapa Perubahan PPDB 2021 di Jawa Barat

BANDUNG – Tahun ajaran pendidikan 2020/2021 akan segera berakhir. Menindaklanjuti hal tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar sebuah acara yang bernama “Teras Radjiman 6” dengan fokus utama pembahasaan tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Teras Radjiman 6 merupakan suatu kegiatan temu aspirasi dari para pendidik, pemerhati pendidikan, hingga orang tua murid. Kegiatan yang berlangsung di gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (10/2). Acara ini langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat H. Dedi Supandi, S.STP., M.Si.

Mengusung tema “Informasi Umum PPDB 2021”, Disdik Provinsi Jawa Barat melakukan beberapa perubahan terkait dengan hasil evaluasi dan kondisi saat ini yang masih berkelut dengan pandemi.

“PPDB tahun ini ada beberepa perbedaan, di antaranya tentang perubahan Pergub tentang PPDB setelah itu nanti kita lakukan uji publik tentang aturan tersebut dari pemerhati atau peduli pendidikan lanjut oleh pembuatan juknis termasuk pelaksaanaan PPDB itu sendiri,” ujar Dedi Supandi.

Ia juga menuturkan bahwa untuk jalur penerimaan peserta didik masih sama seperti tahun kemarin, di mana peserta didik dapat melalui jalur pendaftaraan afirmasi, prestasi, ataupun perpindahan orangtua.

“Untuk jalur pendaftaraan masih sama, ada jalur afirmasi yang di dalamnya juga terdiri dari KTM, ada prestasi dan juga perpindahan orangtua (dulu), kalau sekarang istilahnya adalah perpindahan tugas itu bedanya, setelah itu beres baru ada jalur zonasi,” lanjut Dedi.

Mengenai ketiadaan ujian nasional (UN) di tahun ini, maka jalur prestasi yang sebelumnya menggunakan nilai UN, tahun ini nilai rapor pada lima semester terakhir yang disampaikan pihak sekolah itu adalah bagian dari kelayakan untuk nilai PPDB.

Untuk kepanitiaan PPDB, terjadi beberapa perubahan yang harus dipahami. Sebab, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melakukan perubahan yang cukup signifikan terkait kepanitiaan PPDB tahun 2021 ini.

“Tahun kemarin panitia PPDB berada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk 2021 ketua panitia PPDB adalah seluruh kepala cabang dinas. Kepala cabang dinas 1 sampai 13 adalah ketua pelaksana PPDB di wilayahnya, nah yang ada di dinas ini hanya koordinator,”jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan