oleh

KUBE, Kelompok Usaha yang Terbentuk Akibat Pandemi Covid-19

SUMEDANG – Seperti diketahui bahwa pandemi Covid-19 berdampak cukup besar, selain pada kesehatan juga berimbas pada sektor perekonomian.

Terkait hal itu, Kelompok Usaha Bersama (Kube) membentuk sebuah wadah guna membangun usaha bagi para karyawan yang terpaksa dirumahkan atau PHK akibat terdampak Covid-19.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Yayat Wahdiyat, bahwa pembuatan kelompok usaha bersama tersebut berangkat dari rasa prihatin mereka ketika di masa pandemi Covid-19 banyak karyawan yang dirumahkan dan kena PHK termasuk saya yang kena imbasnya.

“Berangkat dari itu semua saya bersama warga yang lainya berinisiatif buat kelompok guna mewadahi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa Cipacing dan Alhamdulillah didukung penuh Tiga Pilar Desa Cipacing,” kata Yayat kepada wartawan pada Senin (8/2/21).

Katanya, selain hal tersebut mereka berinovasi di beberapa bidang, yaitu memproses sekam untuk media tanam hidroponik yang bisa juga untuk pertanian, pembuatan pupuk kompos, pengrajin sandal, serta ternak domba,

Yayat menjelaskan, bahkan untuk pakan ternak ia buat dengan sistem Silase, yakni membuat pakan dengan barang yang sudah tidak bermanfaat agar dapat menjadi pakan sehingga ketika musim kemarau anggotanya tidak perlu bingung mencari rumput.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga