Harga Emas Antam Kembali Naik Rp 10 Ribu per Gram

JAKARTA – Harga emas dunia menguat pada perdagangan akhir pekan ini tertolong oleh pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) serta data lapangan pekerjaan di AS yang lebih lambat dari perkiraan. Hal ini mendukung kebutuhan untuk penambahan stimulus fiskal.

Mengutip laman Reuters, Sabtu (6/2), harga emas di pasar spot menguat 1 persen ke harga USD 1.800,26 per ounce. Sementara emas di pasar berjangka juga menguat sebesar 1,2 persen ke level USD 1.813 per ounce.

Analis Standard Chartered Suki Cooper memperkirakan, harga emas kedepannya akan terus unggul terutama terhadap dolar AS. Pelemahan dolar AS membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang selain dolar AS.

“Di luar jangka pendek, kami yakin prospek emas tetap konstruktif mengingat stimulus fiskal kemungkinan akan mengakibatkan twin defisit AS yang besar,” katanya seperti dikutip Sabtu (6/2) dilansir dari jawapos.

Seperti diketahui, pertumbuhan lapangan pekerjaan AS berbalik arah atau rebound secara moderat pada Januari 2021. Sedangkan penuruan lapangan pekerjaan di bulan sebelumnya lebih dalam dari perkiraan sebelumnya.

Senat AS akan menyepakati persetujuan akhir pada hari Jumat mengenai besaran anggaran yang akan memungkinkan Demokrat mendorong paket bantuan Covid-19 senilai USD 1,9 triliun melalui Kongres.

Pada pekan ini, harga emas ters merosot 1,9 persen, penurunan terbesar sejak pekan yang berakhir 8 Januari, sebagian karena imbal hasil US Treasury yang lebih tinggi, karena mereka meningkatkan biaya kepemilikan emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Sementara, analis senior Forex Time Lukman Otunuga mengatakan, saat investor mengalihkan fokus mereka ke prospek ekonomi AS dan melihat aset berisiko, emas mungkin melemah dalam jangka pendek.

Adapun logam lainnya seperti perak di pasar spot naik 2,2 persen menjadi USD 26,87 per ounce, tetapi turun sekitar 0,4 persen untuk minggu ini. Palladium naik 2,1 persen ke harga USD 2.330,04, dan menuju minggu terbaiknya sejak November 2020. Platinum naik 2,2 persen menjadi USD 1.121.58 dan berada di jalur minggu terbaik sejak Desember 2020.

Mengutip logammulia, harga emas Antam hari ini naik Rp 10.000 per gram menjadi Rp 940 ribu per gram. Padahal, akhir pekan lalu sempat anjlok sebesar Rp 13 ribu per gram menjadi Rp 930 ribu per gram. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan