oleh

Ahli Singapura Temukan Sumber Covid-19 Sebelum Muncul di Wuhan

SINGAPURA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih menelusuri asal usul virus Korona penyebab Covid-19. Dan, muncul teori virus itu berasal dari luar Tiongkok. Pasalnya, seorang ahli kesehatan di Singapura sudah menemukan antibodi Covid-19 jauh sebelum kasus itu muncul di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019.

Dilansir dari laman Code Blue, Kamis (4/2), selama International AIDS Society (IAS) Covid-19 Conference: Prevention, Direktur Program in Emerging Infectious Diseases di Duke-NUS Medical School, Singapura, Linfa Wang, mengatakan ada kemungkinan bahwa SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, mungkin berasal jauh dari lokasi wabah awal di Wuhan.

Wang berbagi bagaimana sudah ada bukti keberadaan infeksi SARS-CoV-2 pada manusia sebelum Desember 2019, ketika wabah Covid-19 muncul di Tiongkok tengah. Pada September 2019 di Italia ditemukan antibodi pada manusia terhadap virus Covid-19. Dan pada Maret 2019, ketika metode reaksi berantai polimerase digunakan untuk menguji air limbah di Spanyol, ditemukan virus SARS-CoV-2.

“Ada dua makalah, satu dari Singapura. Mempelajari respons sel T spesifik terhadap SARS-Cov-2 dan kami menemukan bahwa sebelum 2019, kami sudah memiliki orang dengan kekebalan sel T terhadap virus,” kata Wang.

Menurut Wang, virus sebagai awal Covid-19 berasal dari kelelawar, yang dengan cepat diidentifikasi lima hari setelah wabah Wuhan. Akan tetapi inang perantara yang menularkan virus dari hewan ke manusia masih belum diketahui.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga