Jelang PON 2021 di Papua, Target Jabar Pertahankan Gelar Juara Umum

BANDUNG – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat (Jabar) Engkus Sutisna berharap Jabar bisa mempertahankan gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) yang akan berlangsung di Papua.

“Artinya, diharapkan Jabar kembali menuai sukses menjadi juara umum dan mempertahankan gelar yang diraih pada PON XIX/2016 lalu di Jabar. Tentunya berat karena bertanding di kandang lawan. Tapi, setidaknya kita harus berusaha keras,” kata Engkus di Bandung, Rabu (3/2).

Untuk PON, kata Engkus, persiapannya dikoordinir oleh KONI Jabar. Walau demikian, Pemprov memberikan dukungan dari segi pembiayaan dan fasilitasnya yang digelontorkan melalui hibah.

Disamping itu, Pemprov Jabar melalui Dispora Jabar memberikan hibah untuk prestasi olah raga kepada KONI Jabar dalam upaya mempertahankan Juara Umum PON pada 2021 yang akan berlangsung di Papua.

“Hasil pantauan kami, persiapan mengarah ke PON 2021 telah dilaksanakan. Termasuk Pelatda-pelatda dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Engkus mengharapkan, pada tahun 2021 bisa mengawinkan prestasi Olahraga Juara 2019 dan prestasi Milenial Juara 2020. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengantarkan Jawa Barat menjadi juara umum beberapa event nasional. Harapan 2021, kawinkan prestasi Olah Raga Juara 2019 dan prestasi Milenial Juara 2020.

“Sebagai Kepala Dinas Olahraga, saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur, kepada DPRD Jabar khususnya Komisi V, stakeholder lainnya seperti Muspida, perangkat daerah, masyarakat pemuda dalam hal ini KNPI, OKP, Pramuka, Karang Taruna dll,” katanya.

Pada tahun 2019, Jabar dapat mempertahankan juara umum berupa event nasional seperti Popnas, Papernas, kemudian Pornas Korpri. Tetap kita juara umum. Sehingga, Dispora Jabar mengistilahkan sebutan dari Gubernur Jabar, bahwa tahun 2019 sebagai tahunnya olah raga juara.

Engkus Sutisna juga mengatakan, tahun prestasi yang telah diraih Jabar pada tahun 2019, masih terus berputar, tidak terbendung walau dihadang pandemi Covid-19.

“Di 2020, walaupun kena Pandemi Covid-19, ternyata ada pemuda berprestasi, ada sejumlah pemuda pelopor tingkat nasional dan Jabar. Selain itu juga ada peningkatan Indek Pembangunan Pemuda (IPP),” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan