Sentra Susu Cipageran Sapi Mandiri Berinovasi dengan Produk Keju Mozarella

CIMAHI – Salah satu industri sentra susu yang berada di Cimahi adalah Sentra Susu Cipageran Sapi Mandiri. Sentra susu ini berlokasi di Jalan Kolonel Masturi No. 63, Kp. Torobosan RT 02/ RW 12, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Pengembangan Sentra Susu Cipageran Sapi Mandiri menjadi contoh sukses dalam memberikan pemberdayaan ke masyarakat karena kelompok mereka telah berhasil mengembangkan produk dengan membuat inovasi sesuai tren.

“Tahun 2010 sudah berkelompok, sekarang di Cipageran ini sudah ada 3 kelompok termasuk saya sendiri. Ada 25 anggota kurang lebihnya ada 80 ekor sapi untuk menghasilkan susu sapi, kalau tiga kelompok itu kurang lebihnya sekitar ada 70 anggota populasi sapinya ada 30 ekor,” kata Uden Mulyadi sebagai pengusaha sapi perah di Sentra Susu Sapi Cipageran pada Rabu (3/2).

Anggota pengolah susu sapi ini melakukan perah susu sapi sebanyak dua kali dalam sehari. Pemerahan susu pagi hari dilakukan pukul 5 sampai 6 pagi, sementara pemerahan sore hari dimulai pukul 3 sore. Dalam sehari mereka bisa memerah susu sapi sampai sebanyak 3000 liter. Hasil susu yang mereka olah kemudian dijual di koperasi atau mitra.

Upaya pengembangan Sentra Susu Cipageran Sapi Mandiri membuahkan hasil dengan menumbuhkan komunitas peternak dan kelompok pengolah yang membuat beberapa produk olahan dari susu sapi.

Produk Sentra Susu Cipageran Sapi Mandiri dibuat menjadi berbagai produk olahan susu seperti yogurt beraneka rasa, es susu, dan es kacang susu murni. Saat ini mereka membuat olahan produk keju mozarella seharga Rp. 110.000 dengan berat satu kilogram. Ada juga kemasan satu batang keju yang dihargai Rp. 30.000 per batang dengan berat 250 gram.

“Mudah-mudahan kita karena susu ini bahan bakunya akan sangat bermanfaat dan banyak variasinya dan kita mengikuti sesuai dengan yang lagi booming-nya,” ungkapnya. (Mg12)

Tinggalkan Balasan