oleh

Setnov Kembali Gegerkan Publik

BANDUNG – Terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto tengah menjadi sorotan publik lagi. Hal itu lantaran beredarnya foto Setnov tengah menjadi petani di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Selain Setnov, beberapa narapidana Lapas Sukamiskin mulai dari mantan Kakorlantas Polri Djoko Susilo, mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada hingga mantan Menteri Pariwisata Jero Wacik juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Lapas Sukamiskin Asep Sutandar, mengatakan keikutsertaan warga binaan ini dilakukan agar ke depannya mereka bisa menjadi lebih mandiri setelah menjalani masa tahanan.

“Jadi memang sasaran maupun tujuan ini untuk mempersiapkan mereka lebih mandiri,” kata Asep dalam keterangannya, kemarin (31/1).

Asep mengatakan, keterlibatan para narapidana dalam aktivitas panen raya diharapkan bisa mengurangi stres selama menjalani masa tahanan.

Di samping itu, hal ini bisa mengalihkan perhatian mereka dari kegiatan kontroversial, seperti menginginkan fasilitas di luar aturan yang berlaku. “Sehingga bisa mengurangi tingkat stres yang rata-rata menghinggapi para warga binaan,” ujarnya.

Dengan adanya konsep ini, Asep berharap lembaga pemasyarakatan tidak melulu fokus pada hukuman. Ia menyatakan tempat ini juga harus menjalankan konsep pembinaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga