oleh

Kemendikbud Tuntut Guru Lebih Profesional di Manapun Mengajar dan Apapun Statusnya

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menyebut bahwa profesionalisme bagi seorang guru adalah suatu keharusan yang mesti dipenuhi serta dijadikan sebagai pegangan utama dalam mengajar di jenjang dan satuan pendidikan apapun.

“Profesional itu adalah tuntutan kebutuhan dan keharusan, sekalipun guru itu mengajar jauh di daerah 3T,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (GTK Dikmensus) Kemendikbud Yaswardi pada diskusi virtual yang dipantau di Jakarta, Kamis, (28/1) dilansir dari Antara.

Baca Juga:  Catat! Ini Jadwal Pendaftaran dan Formasi CPNS 2021

Menurutnya, keberadaan ruang merdeka belajar merupakan langkah yang tepat untuk mengasah profesionalisme guru. Para pendidik diberi kesempatan untuk mengembangkan potensinya bersama para peserta didik.

Ia juga mengatakan profesionalisme seorang guru juga tidak terlepas dari pemenuhan persyaratan-persyaratan standar kompetensi yang telah diatur dalam regulasi termasuk Permendiknas Nomor 16 tahun 2007.

“Itu berlaku untuk semua guru baik yang statusnya PNS atau nonPNS, baik yang statusnya di perkotaan maupun daerah pedalaman yang jauh,” ujarnya.

Baca Juga:  Simak! Ada Kebijakan Baru dari BKN Soal CPNS 2021 dan PPPK

Oleh karena itu, program literasi di sekolah menjadi penting untuk dikembangkan demi meningkatkan kualitas peserta didik sekaligus sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru dari waktu ke waktu.

Program literasi tersebut diharapkan dapat menghapuskan pelabelan sekolah unggulan, sekolah mewah, atau lainnya yang lekat pada sekolah tertentu, agar tidak menjadi hambatan bagi guru dalam memperkuat profesionalismenya dengan pola-pola tertentu.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga