oleh

Galang Solidaritas Korban Gempa Sulbar, Warga Aceh Kirim 340 Kg Rendang

JAKARTA – Warga dari tanah Minang mengirimkan paket berisi rendang seberat 340 kilogram bagi korban terdampak gempa Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bulan Sabit Merah Indonesia Sumatra Barat (BSMI Sumbar).

Rendang dikirim dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumbar, dengan menggunakan Boieng A 7302 milik TNI Angkatan Udara, Rabu (27/1). Rute penerbangan itu nantinya dari Padang kemudian transit di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Kemudian bantuan rendang digabung dengan logistik lain menuju Sulbar.

Sekretaris Umum BSMI Sumbar Heni Fitria menyebutkan, warga terdampak gempa Sulbar membutuhkan makanan siap saji. Dari situ, tercetus ide untuk mengirimkan rendang bagi korban terdampak gempa.

“Maka makanan ready meal to eat merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan logistik terutama pada masa tanggap darurat. Rendang dipilih karena sifatnya tahan lama dan makanan ini bisa diterima oleh kebanyakn masyarakat Indonesia,” papar Heni dalam keterangan resminya, Kamis (28/1).

Heni menerangkan ide ini pertama kali diluncurkan oleh beberapa pengurus Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Padang yang terdiri dari wakil berbagai organisasi termasuk BSMI Sumbar.

BSMI Sumbar lantas mengoordinir, mengumpulkan dana bantuan, dan mengusahakan transportasi serta distribusi logistik sampai ke Sulbar. “Insyaallah rendang ini bisa tahan sampai tiga bulan. Jadi insyaallah bisa bermanfaat untuk masyarakat yang masih ada di pengungsian,” ujar dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.