Mentan Syahrul Yasin Limpo Pastikan Ketersediaan Pangan Masyarakat Terdampak Bencana Tidak Terganggu

MAMUJU – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memantau ketahanan pangan serta menyalurkan bantuan logistik pascabencana di Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu, (23/1).

Dalam kunjungan itu, Menteri Syahrul didampingi Gubernur Provinsi Sulawesi Barat M. Ali Baal Masdar ke posko tanggap darurat penanganan bencana alam Sulbar di Kabupaten Mamuju.

 

“Yang saya mau pastikan, ketersediaan pangan masyarakat yang tidak boleh tergangu,” kata Syahrul, dilansir dari Antara.

 

Ia mengatakan dua hal melatarbelakangi kunjungan itu, yakni perintah Presiden Joko Widodo, di mana Presiden berpesan kepada semua jajarannya, untuk membantu di lokasi bencana, apapun yang bisa dilakukan.

 

Selain, komitmen bersama Gubernur Sulbar, karena dirinya punya andil dalam mendirikan provinsi ini sejak menjadi Gubernur Sulawesi Selatan.

 

Syahrul juga mengatakan Kementan turut membawa sekitar 20 truk bantuan logistik yang sedang dalam perjalanan menuju Mamuju dan Majene.

 

Bantuan diperkirakan senilai Rp800 juta, terdiri dari beras sekitar 60 ton, obat-obatan, minyak kayu putih, popok, pembalut, air mineral, mi instant, dan terpal.

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan status penanganan bencana gempa Bumi dengan magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat sebagai tanggap darurat.

 

Penetapan status tanggap darurat itu dilakukan Gubernur Sulawesi Barat M. Ali Baal Masdar melalui surat nomor 001/Darurat-SB/I/2021, sejak 15 sampai dengan 28 Januari 2021. (Antara).

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan