Satgas Citarum Harum Targetkan Pasang Besi Penyaring Sampah di 7 Sungai

MAJALAYA – Sungai Citarum Harum Sektor 4 Majalaya Kabupaten Bandung, menargetkan pemasangan jaring besi di tujuh aliran anak Sungai Citarum untuk meminimalisir pembuangan sampah yang terbawa hanyut ke Citarum.

Ketujuh aliran anak sungai yang dipasang jaring besi diantaranya Sungai Ciwalengke, Sasak Bejol, Cikacembang, Cipeujeuh, Cisaraya, dan anak sungai yang lainnya, yang bermuara ke Induknya Sungai Citarum.

Komandan Sektor 4 Majalaya Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf. Mulyono H.S. mengatakan, pemasangan jaring besi itu untuk meningkatkan kepedulian dan sebagai bentuk kesadaran warga agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

“Jaring besi itu dipasang secara manual disesuaikan dengan kondisi cuaca. Misal, bila turun hujan deras, jaring besi bisa diangkat karena aliran air kemungkinannya deras dan membawa sampah dikhawatirkan menyebabkan jaring besi jebol,” jelas Mulyono di Majalaya, Pada Kamis (21/1).

Pihaknya melibatkan Gober atau warga setempat, agar sama-sama melakukan pengawasan sampah yang terbawa hanyut dan menumpuk di jaring besi.

“Jika sampah sudah menumpuk di jaring besi, bisa langsung dibersihkan,” katanya. Ia berharap setelah tujuh sungai terpasang dengan jaring besi, bisa dipasangkan kembali di bagian hulu anak sungai. (Mg.12)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan