oleh

Keripik Singkong Olahan Desa Ponggang Jadi Favorit Warga Asing

SUBANG – Memiliki potensi kuliner tradisional dengan bercita rasa modern, makanan jenis buatan warga Desa Ponggang ini menjadi salah satu alasan pendatang dari luar daerah yang di rindukan Ponggang. Lokasi Desa Ponggang, di Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang.

Keripik yang berbahan dasar singkong itu banyak mendapat respons khususnya dari mahasiswa dalam dan luar negeri yang melakukan penelitian. Penemu cemilan tersebut, Mariam (39) dan Rosmana (50), menceritakan pengalamannya saat ditanyai oleh para mahasiswa berasal dari negara asing.

“Saat mereka bertanya bahan baku keripik ini dengan bahasa inggris, saya bingung apa bahasa inggrisnya singkong. Jadi, saya jawab long potato karena ingatnya kentang dan bentuk nya lonjong,” kata Mariam, Pada Selasa (19/1).

Berkat keramahan dari pasangan suami-istri itu, keripik asal Ponggang bisa mengekspor ke Eropa dan Asia. Ada juga beberapa pendatang dari dalam negeri yang memesan langsung untuk dikirim ke daerahnya.

Produk keripik ini dinamakan Pong’s, nama ini dinamakan oleh pasangan suami-istri ini yang  terinspirasi dari nama tempat desanya. Keistimewaan produk mereka ada pada rasa gurih alami dan bentuknya yang sangat mirip dengan kertas. Cara mengolah keripik ini sangat berbeda dari dari pembuatan keripik singkong biasa, yang menjadi perbedaannya adalah bahan dasarnya yang terlebih dahulu dibuat dari adonan, lalu dipres dengan alat khusus buatan sendiri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga