oleh

Pasca Longsor, Jalur Selatan Garut – Bandung Belum Bisa Digunakan

GARUT – Jalur selatan lintas Kabupaten Bandung-Garut di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, belum dapat digunakan karena masih berbahaya untuk dilewati kendaraan akibat bencana longsor yang melanda wilayah itu pada Sabtu, (9/1) pekan lalu.

Kasatlantas Polres Garut AKP Asep Nugraha membenarkan kondisi jalan di wilayah selatan Garut itu belum bisa digunakan setelah sepekan kejadian longsor, meski begitu untuk sementara waktu bisa menggunakan jalan alternatif, dilansir dari jpnn.

“Sudah bisa dilalui tapi khawatir ada longsor susulan, jadi dialihkan lewat jalan kecamatan,” katanya, Jumat, (15/1).

Ia menyampaikan pengguna jalan dari arah Cisewu, Kabupaten Garut menuju Pangalengan, Kabupaten Bandung dialihkan ke jalur alternatif yang dinilai aman untuk dilewati kendaraan. Ia mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk tetap hati-hati saat melewati jalur selatan Garut karena daerah itu masih berpotensi mengalami longsor.

“Kontur tanah di sana kan labil, sementara curah hujan tinggi, jadi harap hati-hati,” kata Asep.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan menambahkan sejak musim hujan sudah beberapa kali terjadi longsor di jalan provinsi menghubungkan Garut dengan Bandung. Terakhir, kata dia, longsor merusak jembatan sekitar Curug Ceret, Kecamatan Talegong, Sabtu (9/1) mengakibatkan arus lalu lintas kendaraan dari dua arah terganggu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.