oleh

Usai Sembuh dari COVID-19, Anies Baswedan Donorkan Plasma Darah

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak para penyintas Covid-19, khususnya warga ibu kota, mendonorkan plasma darah konvalesen yang sangat dibutuhkan pasien positif tertulari virus corona.

Anies sendiri sudah mendonorkan plasma darahnya. Plasma darah konvalesen sangat dibutuhkan oleh pasien positif yang memiliki gejala berat atau kritis.

Anies mendonorkan plasma darahnya di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Kramat, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (13/1), dilansir dari jpnn.com, Jum’at  (15/1).

“Saya mengajak para penyintas Covid-19 untuk bersedia mendonorkan plasma darahnya demi membantu teman-teman kita yang masih berjuang di rumah sakit dan memiliki gejala yang berat dan kritis. Terapi plasma darah konvasalen ini merupakan terapi yang efektif untuk mempercepat kesembuhan pasien positif Covid-19,” kata Anies dalam siaran persnya, Kamis (14/1). Anies mengakui alasan ikut mendonorkan plasma darahnya lantaran ia pernah merasakan terinfeksi Covid-19.

Menurutnya, terinfeksi Covid-19 tidak enak, ditambah lagi tak bisa ditemani oleh orang-orang tercinta karena harus diisolasi.

“Saya pernah merasakan Covid-19, dan itu tidak enak. Beruntung saya bisa sembuh walaupun dalam kurun waktu yang lama. Saya ingin warga DKI juga bisa sembuh seperti saya. Itulah alasan kenapa saya mendonorkan plasma darah saya,” papar Anies. Dia menambahkan bahwa donor plasma darah tidak sakit dan seperti donor darah biasa. Hanya saja, prosesnya memerlukan waktu agak lama. Donor plasma darah membutuhkan waktu sampai 30 menit lebih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga