200 Vaksin Rabies Siap Disebar Dispangtan Cimahi

CIMAHI – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi kembali melakukan vaksinasi gratis bagi hewan peliharaan warga yang berpotensi pada Hewan Penularan Rabies (HPR) di tahun ini. Pemerintahan Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dispangtan menambahkan 200 vaksin Rabies pada hewan peliharaan tahun ini.

Kepala bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustika Sari mengatakan vaksin rabies tahun ini jumlahnya diperbanyak, dari yang awalnya sebanyak 600 dosis menjadi 800 dosis.

“Dari tahun-tahun sebelumnya dosis vaksin rabies adalah 600 dosis sama dengan dosis vaksin untuk flu burung. Namun berdasarkan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya 600 dosis sering kekurangan, jadi tahun ini ditambah 200 dosis,”tuturnya pada Selasa, (12/1).

Mita menuturkan vaksin Rabies bagi HPR ini akan terus dipantau dan jika dirasa masih kurang, pihaknya akan meminta bantuan ke provinsi.

“Karena target 600 dosis ternyata sering kekurangan maka kita ajukan ke Provinsi dan tahun ini ditambah jadi 800 dosis vaksin, karena antisipasi kekurangan vaksin seperti tahun sebelumnya,”terangnya.

Mita juga menjelaskan pelaksanaan vaksinasi rabies maupun flu burung ini tersebar ke 15 kelurahan di Kota Cimahi dengan sasaran vaksin seperti kucing, anjing, musang, ayam, bebek, monyet, dan kera. (mg6/yan)

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan