oleh

Longsor, Rumah Warga di Desa Suntenjaya Rusak Parah

LEMBANG – Tanah longsor menerjang rumah milik Odis Engkus (55) di Kampung Cibodas, RT 5/RW01, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Wilayah Suntenjaya Lembang diguyur hujan deras selama kurang lebih tiga jam dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Kondisi tersebut memicu tebing setinggi 30 meter yang ada di samping rumahnya menjadi longsor. Akibatnya material tanah menimpa dapur hingga rusak.

Baca Juga:  Antusiasme Belanja Masyarakat Meningkat, Yana Mulyana Khawatir Munculnya Klaster Baru Covid-19

Koordinator Lapangan Relawan Penanggulangan Bencana Lembang (RPBL), Dedang Kurnia, mengatakan bahwa saat di lokasi kejadian kondisi rumah tembok bagian dapur milik Odis sudah rusak dan tertimbun material tanah.

“Selain kontur tanah labil, saluran air di lokasi juga kecil sehingga menggerus tanah lalu menimpa dapur rumah warga tersebut,” ujar Dedang saat ditemui di Lembang, Minggu (10/1).

Selain itu, menurut Dedang, terjadi luapan air sampai menutupi jalan utama di Kampung Cibodas. “Saluran air kecil meluap ke jalan. Material tanah dan derasnya air meluap menutup jalan,”ujarnya.

Baca Juga:  Airlangga Hartarto: Tingkatkan Ekspor Florikultura, Penuhi Ceruk Pasar Dunia

Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan pemilik rumah tertimpa tanah longsor sudah diungsikan ke rumah saudaranya. Iapun mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap waspada saat kondisi cuaca saat hujan. (Mg. 12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga