Tragis! Danramil, Kasi Trantib, Pejabat BPBD Gugur Tertimbun Longsor Susulan Ketika Evakuasi, Korban Meninggal Total 22 Orang

SUMEDANG – Bencana longsor di Dusun Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, menewaskan belasan warga sekitar. Bahkan beberapa petugas yang sedang mengevakuasi ikut tertimpa longsor susulan pada pukul 19.45 WIB.

Danramil Cimanggung Kapten Inf Setiyo Pribadi, Kasi Trantib Suhanda, dan Kasi Kedaruratan BPBD Sumedang, Yedi SSos ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Kasubag Umum Kecamatan Cimanggung, Ahmad Minwari mengatakan, setelah pencarian panjang, dan Danramil sempat hilang kontak, akhirnya ditemukan pada pukul 02.00 dini hari.

Proses evakuasi longsor di Kecamatan Cimanggung, Sumedang. Foto BNPB

Pencarian sempat dihentikan karena cuaca ekstrem dan kondisi tanah labil.

Menurutnya, jenazah Danramil langsung ke rumah duka ke Cimalaka jam 03.00 juga. Sedangkan Suhanda langsung dikebumikan. Kemudian, Kasi Kedaruratan pak Yedi juga langsung ke rumah duka di BPBD.

“Jadi, total akibat longsor susulan ada 11 yang meninggal dunia. Kalau sama kejadian pertama, jadi total 22 orang meninggal dunia,”katanya.

Ahmad mengatakan, kemungkinan akan terjadi penambahan korban. Sebab ketika kejadian, sedang ada acara pernikahan dan tempatnya rata dengan tanah.

“Tapi mudah-mudahan tidak ada korban lain,”ujarnya.

Kepala Kantor Basarnas Bandung Deden Ridwansyah mengatakan 22 korban tertimbun, tiga di antaranya selamat, 11 dalam keadaan meninggal dunia dan 8 orang dari longsoran pertama masih dalam pencarian.

“Adapun korban pada longsoran kedua masih dalam pendataan, seluruh korban selanjutnya dibawa ke Puskesmas Sawah Dadap,” ujar Deden dalam keterangan resminya, Minggu (10/1).

Pada pencarian yang dilakukan Sabtu (9/1), petugas SAR gabungan menemukan 9 orang korban. Tiga orang ditemukan selamat dan enam orang lainnya telah meninggal dunia.

Lewat tengah malam (10/1), petugas kembali menemukan lima orang korban yang tertimbun, satu orang selamat dan empat lainnya meninggal dunia.

“Pada Pukul 02.00 WIB, pencarian dihentikan sementara, karena sikon di lokasi yang kurang memungkinkan, kondisi hujan dan adanya retakan tanah di bagian atas, pencarian akan di lanjutkan pukul 07.00 WIB,” ujar Deden (Sumedangekspres.com, grup Jabarekspres.com)

Berikut nama nama korban meninggal tertimbun.

1. Suhanda MP (Kasi Trantib Kec Cimanggung)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan