Agus Budianto Memberi Imbauan Supaya Berhati-hati di Lokasi Terjadinya Longsor Desa Cihanjuang

SUMEDANG – Sebelumnya diketahui telah terjadi bencana longsor di Desa Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang menewaskan belasan warga sekitar.

 

Bahkan saat tengah dilakukannya proses pencarian korban, terjadi longsor susulan sehingga mengakibatkan beberapa petugas yang sedang mengevakuasi ikut tertimpa longsor susulan pada pukul 19.45 WIB.

 

Namun melihat cuaca yang tidak mendukung, maka proses pencarian korban pun dihentikan sementara karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

 

Terkait hal itu, Koordinator Mitigasi Gerakan Tanah Agus Budianto menjelaskan mengenai alasan dihentikannya proses pencarian dilihat dari cuaca dan kontur tanah di lokasi reruntuhan longsor.

 

“Dan yang jadi persoalan sekarang ini materialnya masih banyak,” kata Agus saat diwawancarai pada Minggu, (10/1/21).

 

“Semua aktivitas untuk evakuasi, penyelamatan dan sebagainya melihat hujan, karena masih banyak material di atas dan ini jalur air maka dia (material longsor) akan terbawa ke bawah,” tambah Agus.

 

Agus menuturkan bahwa melihat kondisi tanah dan juga hujan yang cukup deras maka harus lebih berhati-hati.

 

“Jadi himbauannya Jika beraktivitas di sekitar sini maka harus hati2. Karena itu merupakan jalur air dan ada material di tengah. Jadi masih ada potensi untuk terjadinya longsor susulan karena curah hujan masih cukup tinggi,” tutupnya. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan