Dinkes Bandung Siapkan 187 Tempat untuk Vaksinasi Tahap Pertama

BANDUNG – Dinas Kesehatan Kota Bandung mencatat ada sebanyak 187 tempat yang bisa menjadi lokasi vaksinasi tahap pertama di Kota Bandung.

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, 187 tempat itu terdiri dari puskesmas, rumah sakit, klinik, kantor kesehatan pelabuhan, dan fasilitas kesehatan lainnya, seperti dikutip dari Antara.

“Kalau puskesmas ada 80 titik, rumah sakit semuanya, ditambah klinik-klinik yang sesuai persyaratan,” kata Ahyani di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Pelaksanaan vaksinasi bakal berlangsung dari Januari hingga April 2021. Ahyani menambahkan, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bakal diprioritaskan kepada sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan.

“Kalau SDM kesehatan bukan dokter dan perawat saja, tapi juga apoteker, petugas kebersihan dan yang lainnya,” paparnya.

Dilansir dari Antara, menurut Ahyani, adapun Kota Bandung bakal menerima sekitar 45 ribu dosis vaksin di tahap pertama ini. Namun data penerima vaksin tahap pertama itu menurutnya masih terus diperbarui.

“Jadi kami fokus dulu untuk SDM kesehatan, Januari sampai April dan kami sedang mendata berapa SDM kesehatan dan berapa fasilitas kesehatan di Kota Bandung,” katanya.

Saat ini, jutaan dosis vaksin COVID-19 Sinovac sudah diterima oleh Bio Farma di gudangnya yang berada di Kota Bandung.

Sebagai objek vital dalam penanganan COVID-19, kini Bio Farma dijaga secara ketat oleh aparat TNI dan Polri. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga menjamin tidak ada gangguan keamanan di Bio Farma. (antara)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan