Debit Air Sungai Cipunagara Meningkat

SUBANG-Debit air Sungai Cipunagara alami kenaikan sejak pagi hingga sore. Aki­bat curah hujan di wilayah selatan yang cukup tinggi sejak Senin (4/1) sore, Tinggi Muka Air (TMA) Cipuna­gara sempat mencapai 5.45 meter.

Warga setempat Ade men­gatakan, kondisi kenaikan tinggi air di Sungai Cipu­nagara terjadi sejak Senin pagi hingga siang. Meski tak ada hujan di Pamanukan, namun curah huja diwilayah hulu disinyalir membuat debit air Cipunagara kembali meninggi. “Tapi Alhamdulil­lah sejuah ini masih aman. Kalau meski terlihat tinggi Alhamdulillah tidak ada banjir,” kata Ade.

Sementara itu, Pengamat Pengairan Pusakanagara (SSI Pusakanagara) Oca mengatakan, dalam catatan, saat pukul 00.00 WIB TMA Cipunagara dari Pos Banjir Pamanukan mencapai 2.50 M. “Nah saat pukul 01.00 WIB mulai naik signifikan ke angka 3.80 meter,” jelasnya.

Oca juga menambahkan, pada saat pukul 15.00 WIB, TMA Cipunagara mencapai angka 5.45 dan sempat me­nyentuh angka 5.50 M. “Tapi trend nya sejak pukul 10 pagi di Bendungan salam darma sudah mulai menurun,” kata Oca.

Hanya saja ia hingga Senin sore masih terus memantau informasi terkait curah hujan di DAS Cipunagara diwilayah hulu. Jika tak ada hujan, TMA Cipunagara di Pamanukan diprediksi pada Selasa pagi akan alami penurunan. “Infor­masi terus kita pantau. Kalau di selatan tidak hujan, Insyaallah ketinggian besok normal lagi,” tuturnya.(ygi/sep)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan