Kena Denda Kasus Rasisme, Cavani Legowo dan Kembali Minta Maaf

MANCHESTER – Masih ingat dengan kasus rasisme yang melibatkan striker Manchester United, Edinson Cavani di akhir November 2020 lalu? Kasus itu kini telah menemui akhir. Cavani ditetapkan bersalah dan dijatuhi denda sebesar Rp1,9 miliar dan larangan main untuk tiga laga bersama United.

Cavani sebelumnya menggunakan kata ‘gracias negrito’ dalam postingannya di media sosial. Dia mengaku tak bermaksud menyinggung atau menyerang salah satu ras di dunia. Atas vonis ini, pihak Manchester United pun angkat bicara.

“Meski menyadari bahwa tidak ada niatan (menyinggung) dan bahwa ucapan (yang dipermasalahkan) itu adalah bentuk dari rasa sayang (pada karibnya), dia (Cavani) tidak berniat untuk menolak putusan ini,” kata pihak Manchester United dalam sebuah penyataan resmi, yang dikutip FIN dari Goal, baru-baru ini.

“Adapun alasannya adalah untuk menghormati dan sekaligus menunjukan dukungannya pada FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) dan dalam upaya memerangi rasisme di dunia sepak bola,” bunyi bagian akhir penggalan pernyataan itu.

Sementara menanggapi sanksi tersebut, Cavani mengaku legowo. Mantan pemain PSG itu kembali mengucapkan permohonan maaf.

“Halo semuanya. Saya tak ingin menulis panjang dalam momen yang membuat saya tak nyaman ini. Saya ingin memberitahu kepada kalian bahwa saya menerima sanksi disiplin tersebut karena saya orang asing yang belum terbiasa dengan kebiasaan di Inggris,” tulis Cavani di Instagram.

“Saya meminta maaf jika menyinggung seseorang dengan ekspresi atau perasaan kasih sayang kepada seorang teman, tidak ada niat lebih jauh. Mereka yang mengenal saya tahu bahwa saya selalu mencari kebahagiaan yang simpel dan persahabatan. Saya menghargai berbagai dukungan untuk saya,” tambahnya.

“Hati saya tenang, karena saya tahu selalu mengekpresikan rasa sayang menurut budaya dan cara berbeda.”

Sekadar mengingatkan, Cavani adalah adalah inspirator Manchester United, saat menang secara dramatis 2-3 atas Southampton di akhir November lalu. Dua gol yang ia cetak, ke gawang lawan adalah alasan, mengapa Setan Merah bisa pulang dengan tiga angka malam itu.

Dan Cavani yang menerima ucapan selamat dari sang sahabat, membalasnya dengan ucapan ‘gracias negrito’, sesuatu yang di negaranya, merupakan bentuk kasih sayang ketika diucapkan. Sementara kata ‘negrito’ sendiri di beberapa negara, di anggap sebagai hal yang menginggung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan