Ibenk Nekat Pensiun Dini dari PNS Demi ke Tanah Suci dengan Roda Dua

CIMAHI – Bagi Bambang Sukmana, 44, Warga Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi touring menggunakan sepeda motor adalah salah satu bagian dari hidupnya. Namun baginya tak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan ibadah.

Ia ingin naik haji namun dengan cara tak biasa. Pria yang disapa Ibenk itu memutuskan untuk pergi ke tanah suci menggunakan sepeda motor sendirian alias single touring. Rencananya ia akan berangkat pada Kamis (24/12) siang dari Kota Cimahi.

“Saya ini suka touring. Jadi saya ingin hobi saya ini mendukung ibadah saya,” kata Bambang saat ditemui, Rabu (23/12).

Ada sejumlah alasan kuat Papap Ibenk, sapaan Bambang Sukmana ingin menunaikan ibadah haji dengan cara tak biasa ini. Prioritasnya adalah mendoakan ibunya, Djunaesih (75) yang tengah menderita penyakit stroke.

Selain tentunya menyalurkan hobinya touring dan ingin memperkenalkan pariwisata Indonesia ke negara-negara lain. Sebab, Ibenk akan melalui berbagai daerah di Indonesia sebelum akhirnya menyebrang ke negara pertama di luar Indonesia.

“Ibu saya sakit stroke 8 tahun, padahal dia selalu ingin ke tanah suci. Saya mikir, karena ibu saya gak akan sanggup, saya saja. Saya ingin mendoakan beliau,” ujarnya.

Ia membulatkan tekadnya untuk menuju Mekkah, Arab Saudi sejak Oktober 2019 hingga akhirnya bakal direalisasikan ditengah pandemi COVID-19 ini.

Sejak saat itu ia mulai melakukan persiapan dari mulai administrasi, mental dan fisik.

Besok, Bambang akan memulai perjalanannya dari Kota Cimahi menuju Serang-Merak kemudian menyebrang ke Lampung, lalu ke Medan. Di Medan, semua dokumen penyebrangan ke negara lain akan diurusnya. Ia akan menyebrang ke Kuala Lumpur, Malayasia antara dari Riau atau Medan.

“Sambil nunggu dokumen, saya mau touring dulu ke Aceh menikmati alam Indonesia,” ucapnya.

Setelah dokumen selesai, ia bakal menyebrang ke negara pertama yakni Malayasia. Kemudian menuju Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Iran, Irak, Uni Emirat Arab (UEA), hingga tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Selain itu, ada negara lainnya yang akan ia singgahi seperti Yordania, Israel hingga Mesir. Setidaknya ia membutuhkan waktu sekitar satu tahun lebih untuk menuju Mekkah, hingga nantinya kembali lagi ke Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan