Gencarkan Rapid Test Antigen, Operasi Gabungan Sasar Rest Area

Pengecekan juga dilakukan dari sisi kepadatan lalu lintas serta disiplin penerapan protokol kesehatan. Dari hasil peninjauannya, aparat sudah lengkap bersiaga di setiap titik yang harus ditempati.

Mereka juga bergiliran bertugas selama 24 jam.

“Kami lega jajaran kami sudah siap melakukan pengamanan dalam Operasi Lilin Lodaya 2020 yang akan berlangsung hingga malam pergantian tahun,” kata Eddy.

Sementara untuk jalur Cileunyi-Nagreg untuk kawasan Kabupaten Bandung, mewakili Kasat Lantas Polresta Bandung, Iptu Iwan Setiawan mengatakan saat ini telah disiapkan dua pos pelayanan (posyan) untuk pengawasan sekaligus meminimalisir kemacetan. Salah satunya di Simpang Cileunyi dan Parakan Muncang.

“Ada dua posyan, yang pertama di putaran Cileunyi, kedua parakanmuncang. Jadi ada 2 Posyan yang disiapkan Polresta Bandung,” ucap Iptu Iwan di Nagreg.

Menurutnya, saat ini simpang Cileunyi sedang ada pengerjaan proyek Tol Cisumdawu. Maka dari itu, jajaran Polresta dan Dishub Kab Bandung berkoordinasi dengan pihak pengerjaan.

Dikatakan Iptu Iwan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di Cileunyi, Polresta Bandung tengah menyiapkan skema seperti yang dilakukannya saat arus Mudik Idhul Fitri.

“Tindakan yang pertama bilamana ada kepadatan arus sampai dengan 3KM kebelakang diantrean tol, kita laksanakan pending sementara yang mau ke arah protokol (arah Tasik),” katanya.

Untuk kendaraan dari arah Sumedang ke tol atau ke protokol itu bisa ke Cileunyi lurus belok kanan. Dan jika dari arah Sumedang mau ke arah tol seperti biasa putar ke puteran ABC.

“Menuju tol biasa ke arah bunderan ABC. Sekarang adanya nataru ini koordinasi Cisumdawu untuk bisa dipakai besar kemungkinan kecil ada kepadatan arus. Ini juga liburnya agak panjang, dipotong-potong,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, persiapan dilakukan untuk mewaspadai adanya peningkatan mobilitas saat libur nataru.

Menurutnya, kewaspadaan perlu ditingkatkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat, terutama di daerah tujuan mudik dan wisata.

“Kami mempersiapkan keamanan sebagai bukti tanggung jawab supaya masyarakat melaksanakan libur bisa aman, tenang, dan selamat,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan