Pilkada di Dua Daerah Memanas

PANGANDARAN – Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya menyisakan rasa penasaran.

Hasil hitung cepat (quick count) berbagai stake holder dari mulai lembaga survei, hasil hitungan partai dan Desk Pilkada Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran terus beredar luas di masyarakat dan terjadi saling klaim kemenangan diantara pasangan calon (paslon).

Pasangan nomor urut satu, Jeje Wiradinata – Ujang Endin Indrawan (Juara) mengklaim kemenangan atas dasar hasil quick count yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) secara 100 persen dengan jumlah raihan suara sebanyak 51,76 dan Pasangan nomor urut dua Adang Hadari Supratman (Aman) meraih suara 48,24 persen.

Sementara, KPU merilis resmi hasil real count Pilkada Tasikmalaya melalui laman resminya Pilkada2020.kpu.go.id. Sesuai pantauan rilis sampai pukul 12.26 WIB, Kamis (10/12/2020), data yang sudah masuk baru 1.189 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari jumlah seluruhnya 4.191 TPS atau 31,79 persen.

Pasangan petahana nomor urut 2 Ade-Cecep masih unggul tipis dengan perolehan suara 32,9 persen dan bersaing ketat dengan pasangan nomor 4 Iwan-Iip 32,4 persen.

Sesuai hasil data yang masuk sementara pasangan calon petahana nomor urut 2 Ade-Cecep unggul telak sementara di wilayah Cigalontang dengan data masuk kecamatan 57,53 persen dengan perolehan suara 10.177 dan pasangan nomor 4 Iwan-Iip 5.030 suara.

Paslon Bupati nomor urut satu, Jeje Wiradinata menjelaskan, margin error hasil quick count yang dilakukan oleh LSI hanya 1 persen saja. Ia meyakini, kemenangan didapatkan Paslon Juara dengan selisih 3,5 persen.

“Ya tentu, dengan hasil quick count yang sudah dikeluarkan oleh LSI ini kami sangat bersyukur. Kami menang di 6 Kecamatan,” papar Jeje, kemarin (10/12) dilansir RMOLJabar.

Pada kesempatan berbeda, Ketua Tim pemenangan Aman, Muhammad Taufik Martin menegaskan, hasil yang dikeluarkan oleh Bappilu Jabar juga sama dengan perhitungan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar.

Sementara, Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Zaki Hilmi saat memantau pelaksanaan Pilkada Pangandaran meminta seluruh pihak baik paslon, simpatisan atau masyarakat umum supaya bisa menahan diri.

“Mohon bersabar. Kan tahapannya masih lanjut, nanti harus pleno dulu secara berjenjang dari mulai TPS, Desa, Kecamatan hingga Kabupaten/Kota,” papar Zaki.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan