Disdagkoperin Kota Cimahi Pastikan Kepokmas Aman Hingga Akhir Tahun

CIMAHI – Jelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Dinas Perdagangan Koperasi UMKM Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi memastikan stok sejumlah kebutuhan pokok di tingkat pedagang pasar tradisional di wilayahnya aman.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi, Dadan Darmawan saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (8/12).

Kepastian stok kebutuhan pokok aman tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan monitoring ke sejumlah pasar yang ada di Kota Cimahi.

”Untuk stok kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, terigu, telur, dan daging ayam menjelang Natal dan Tahun Baru  aman, bahkan untuk beberapa bulan ke depan masih mencukupi,” ungkap Dadan.

Dengan demikian, kata Dadan, pihaknya tidak perlu mengkhawatirkan terjadi kekurangan stok bahan pokok saat menjelang atau perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, begitu juga masyarakat tidak perlu merasa cemas kehabisan stok bahan pokok.

”Sesuai hasil pengecekan di beberapa distributor kebutuhan pokok, termasuk di pasar diperoleh gambaran semuanya aman, jadi masyarakat tidak perlu mengkhawatirkannya,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap, masyarakat tidak melakukan aksi borong barang kebutuhan pokok untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru yang bisa memicu kekhawatiran konsumen lainnya, dan membeli bahan pokok secara wajar, agar tidak terjadi gejolak di masyarakat.

”Ngga perlu ada aksi borong, berbelanja sesuai kebutuhan saja,” ucapnya.

Terkait harga, Dadan menjelaskan, sejauh ini relatif masih stabil. Namun kenaikan harga kebutuhan pokok biasanya akan terjadi beberapa hari jelang perayaan. Hal itu berdasarkan pengalaman sebelumnya. Tetapi melihat banyaknya stok, maka untuk tahun ini kenaikannya diperkirakan tidak terlalu signifikan.

”Sejauh ini relatif masih stabil. Kalaupun ada yang naik masih di bawah 10persen,” ucapnya.

Jika kenaikan harga berlanjut, kata Dadan, pihaknya berencana akan melaksanakan operasi pasar. Dalam operasi pasar, pihaknya biasanya bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Bulog dan Dinas Pangan dan Pertanian.

”Operasi pasar biasa dilakukan kalau diperlukan,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Pasar Cimindi, Supriyadi juga mengatakan jika stok kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru relatif aman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan