Cabup Indramayu Positif Covid-19

INDRAMAYU – Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, nomor urut tiga yaitu Daniel Mutaqien dikabarkan terkonfirmasi positif COVID-19. Daniel saat ini menjalani isolasi di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara membenarkan adanya informasi tersebut. Deden mengaku akan melacak semua orang yang sempat kontak erat dengan Daniel.

“Benar, (cabup) nomor tiga. Karena transimisi lokal. Kami akan tracing sesuai kriteria kontak erat, sesuai dengan yang ada dalam pedoman,” kata Deden melalui pesan singkatnya dilansir dari detik.com, Minggu (22/11).

Lebih lanjut, Deden mengatakan kriteria kontak erat adalah orang yang berada dalam jarak 1,8 meter dari orang yang terkonfirmasi positif, selama 15 menit hingga dalam durasi 24 jam. Terhitung mulai dari dua hari pasien mengeluhkan gejala hingga diisolasi. Deden tak menampik kesulitan melacak sejumlah orang yang kontak erat dengan Daniel.

“Kesulitan tracing, karena kami harus mencari pergerakan yang lebih mobile. Dan, harus memilah sesuai definisi kontak erat tersebut,” kata Deden.

Sementara itu, Pradesta Bagus selaku tim media dan publikasi Cabup-Cawabup Indramayu nomor urut tiga itu mengatakan Daniel terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala. Daniel dinyatakan positif berdasarkan hasil swab tiga haru lalu. Selama ini, Bagus mengaku Daniel rutin menjalani swab.

“Kriteria OTG. Beliau rutin swab selama dua minggu sekali, selama kampanye dan insyallah tidak akan menularkan pada masyarakat. Kampanye juga tetap menerapkan prokes, warga yang hadir wajib pakai masker. Mari kita doakan agar cabup nomor tiga kembali sehat dan bisa menyapa masyarakat,” kata Bagus.

Sementara itu,  KPU Kabupaten Indramayu memastikan agenda debat kandidat empat pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati (wabup) tetap dilaksanakan. Kendati salah satu cabup yaitu Daniel Mutaqien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Debat kandidat tetap lanjut. Kita memang sudah menerima surat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Indramayu tentang keterangan positif (Covid-19),” kata Kassubag Teknis dan Humas KPU Indramayu Dimas Putra Yudhistira, kemarin.

Dimas mengatakan debat kandidat paslon Bupati Indramayu itu digelar hari ini pukul 19.00 WIB. KPU menerapkan protokol kesehatan (prokes). Agenda debat kandidat itu disiarkan langsung melalui kanal Youtube KPU Indramayu dan salah satu saluran televisi lokal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan