Gali Potensi Pendapatan Wisata Baru

“Sekarang kami melihat peluang lain, ada aset-aset kami yang optimalisasinya masih rendah yang bisa kami kembangkan. (Perkebunan teh) Ciwideuy, Pangalengan, Gunung Mas, itu semua lahan-lahan milik PTPN VIII yang cocok dikembangkan untuk pariwisata,” kata Direktur PTPN VIII.

Selain itu, ujar Yudayat, pihaknya juga tengah melakukan finalisasi kerja sama pengembangan objek pariwisata baru di Kawasan Ciater, Kabupaten Subang.

“Ciater ini puncaknya Bandung, udaranya sejuk, hamparan teh bagus, dan pemandangan indah. Minggu lalu Pak Gubernur Jabar dan tim sudah ke sana dan meyakini ini bisa dikembangkan lebih lanjut pariwisatanya,” kata Yudayat.

Dia mengatakan, pola kerja sama terkait optimalisasi pengembangan pariwisata di lahan milik PTPN VII yang dilakukan pihaknya bermacam-macam, namun tetap ramah lingkungan.

“Terbuka mulai dari usaha kecil, anggaran kecil, hingga anggaran besar, seperti pengembangan di Ciater. Tapi, kami mengembangkan yang ramah lingkungan dalam agrowisata ini,” pungkasnya. (mg1/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan