KPU Terima 2,4 Juta Lebih Surat Suara

SOREANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan, pihaknya telah menerima 2.420.699 surat suara, yang akan digunakan untuk gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung.

Jumlah tersebut, termasuk 2,5 persen ditambah Daftar Pemilih Tetap (DPT) per Tempat Pemilihan Suara (TPS), dan 2.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang. Setelah diterima, surat suara tersebut akan dilakukan pengecekan, rencananya akan dilakukan pada Minggu (15/11).

”Kita akan sortir lipat surat suara di gudang KPU Kabupaten Bandung. Satu ikat ada 25 biji surat suara, sebelum dimasukan ke sampul surat suara. Sortir lipat itu bertujuan untuk mengecek kualitas dari kesesuaian surat suara,” kata Agus saat di konfirmasi, Jumat (13/11).

Menurutnya, ada 400 warga sekitar gudang, yang dilibatkan dalam kegiatan pelipatan surat suara. Setelah surat suara, lanjut Agus, pihaknya masih menunggu kedatangan logistik Pilbup lainnya, seperti daftar pasangan calon, kemudian formulir, kemudian buku panduan, segel, sampul, dan juga Alat Pelindung Diri (APD).

”Untuk keamanan gudang, kami berkoordinasi dan bekerjasama degan Polresta Bandung dan juga Bawaslu. Kami berharap ada penjagaan surat suara lebih, agar hal-hal yang tidak diinginkan tak terjadi,” terangnya.

”Kami juga telah berkoordinasi dengan Damkar untuk mengantisipasi kebakaran. Kita juga sudah memastikan agar gudang itu betul-betul rapat atau tidak bocor, untuk mengantisipasi jangan sampai ada air yang masuk,” paparnya.(yul/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan